Di Jogja Petik Stroberi Tak Perlu ke Gunung, Cukup ke Kampung Ini

Kampung Muja Muju, Umbulharjo, Kota Jogja, yang berada di bantaran Sungai Gajah Wong menawarkan sensasi petik buah stroberi.

 Supriyadi (kiri) dan Tulus (tengah) saat merawat tanaman Stroberi di pinggiran Sungai Gajah Wong, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Jogja, Sabtu (5/3/2022). (Harian Jogja-Sunartono)

SOLOPOS.COM - Supriyadi (kiri) dan Tulus (tengah) saat merawat tanaman Stroberi di pinggiran Sungai Gajah Wong, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Jogja, Sabtu (5/3/2022). (Harian Jogja-Sunartono)

Solopos.com, JOGJA – Tanaman stroberi biasanya tumbuh optimal di kawasan pegunungan. Tanaman ini dikenal memiliki karakter cocok dengan hawa dingin. Akan tetapi di sebuah bantaran Sungai Gajah Wong, Kota Jogja, tepatnya di RT 052 Kampung Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, ada ribuan tanaman stoberi enam jenis yang tumbuh di kawasan ini.

Tanaman stroberi itupun tumbuh subur pada ribuan pot yang dimodifikasi sepanjang sungai dengan menggunakan sejumlah piranti media tanam pendukung. Untuk mengaksesnya bisa dari jalur sempit masuk ke utara Jembatan Gembira Loka. Akses lain bisa melewati jembatan Muja Muju yang berbatasan dengan Sokowaten. Infrastruktur di kawasan pinggiran pantai telah dibenahi pemerintah sehingga aksesnya kian mudah.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Jika ingin mendatangi kampung ini sebaiknya menggunakan kendaraan roda untuk bisa langsung sampai lokasi. Tetapi bagi yang menggunakan kendaraan roda empat, dengan memarkir di jalan besar kemudian berjalan masuk ke gang kawasan pinggir Gajah Wong sekitar 100 meter. Selain bisa berswafoto dengan latar tanaman Stroberi, juga bisa memetik buahnya.

Baca juga: Kementerian PUPR Sulap Kawasan Sungai Gajah Wong Jadi Tempat Wisata

Keberadaan Kampung Stroberi di pinggiran sungai ini diawali oleh dua warga yaitu Supriyadi dan Tulus. “Awalnya saya lihat tanaman stroberi milik Mas Tulus ada satu di pot itu, kemudian saya minta dan terus dikembangkan berdua,” kata Supriyadi kepada Harianjogja.com, jejaring Solopos Media Group, Sabtu (5/3/2022).

Adapun rumah Supriyadi dengan Tulus kebetulan berdekatan. “Waktu itu sekitar akhir 2019 mulai dikembangkan dari satu tanaman stroberi itu,” kata Tulus menambahkan.

Baik Supriyadi maupun Tulus tidak memiliki latar belakang profesi atau pendidikan di bidang pertanian. Namun kini mampu membuat sepanjang Sungai Gajah Wong terutama di RT 052 penuh dengan stroberi. Karena cuaca kurang mendukung, saat ini dikembangkan pembibitan dengan penjualan Rp10.000 untuk satu pot stroberi berusia dua bulan. Pesanan bibit datang dari berbagai kelompok tani yang tertarik mengembangkan konsep serupa. Selain itu, banyak pihak perseorangan yang membeli langsung.

“Tetapi banyak juga dari penjual tanaman yang memesan bibit ke sini, terakhir kami mengirim 100 pot untuk yang umur dua bulanan. Ada enam jenis stroberi di antaranya mandra, mencir, merlan, dan california,” ujarnya.

Baca juga: Yuk! Petik Stroberi di Kebun Sawangan Magelang

Saat cuaca mendukung dengan curah hujan tidak terlalu tinggi hasil panen buah stroberi pun digunakan berbagai jenis olahan seperti cokelat hingga kue kering. Selain itu, daun stroberi bisa dimanfaatkan untuk olahan keripik.

“Nyaris semua yang ada di stroberi kami jadikan olahan. Untuk saat ini kebetulan buahnya tidak banyak karena memang cuaca, tetapi rata-rata berbuah. Setiap berbunga itu hampir 100% selalu jadi buah,” ucap Supriyadi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Duh! 4 Alat EWS Tsunami di Bantul Rusak

      BPBD Kabupaten Bantul menyebutkan ada empat alat sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) tsunami di wilayahnya yang mengalami kerusakan.

      Jalur Piyungan-Patuk Longsor, Akses Kendaraan Sempat Tertutup

      Jalur Patuk-Piyungan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sempat tertutup longsor akibat hujan deras yang melanda Jumat (25/11/2022).

      Wisata ke Tebing Breksi Jogja Yuk! Ini Harga Tiket & Tarif Sewa Jip

      Tebing Breksi Jogja menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (26/11/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sleman, DI Yogyakarta, pada hari ini, Sabtu, 26 November 2022.

      Akhir Pekan, Jogja Diprediksi Hujan dari Siang hingga Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Sabtu 26 November 2022.

      Gara-Gara Utang Rp80 Juta, Cucu Tega Bunuh Kakeknya Secara Keji di Jogja

      Polisi mengungkapkan motif seorang cucu membunuh kakeknya sendiri di Jogja karena persoalan utang Rp80 juta.

      Sadis! Cucu Bunuh Kakek Sendiri di Jogja, Leher Dijerat di Dalam Mobil

      Seorang cucu membunuh kakeknya sendiri secara sadis di Jogja.

      Minum Miras Oplosan, 1 Mahasiswa di Sleman Meninggal & 3 Lainnya Dirawat di RS

      Seorang mahasiswa di Sleman meninggal dunia setelah menenggak minuman keras oplosan.

      Ada 3 Sesar Aktif Baru, Kawasan Rawan Gempa Yogyakarta Diprediksi Kian Meluas

      BPBD DI Yogyakarta akan memasukkan tiga sesar aktif, Progo, Dengkeng, dan Oya sebagai dasar penentuan kawasan rawan bencana gempa.

      Prakiraan Cuaca Jogja Jumat: Hujan dari Siang hingga Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Jumat 25 November 2022.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda DIY Siapkan Berbagai Skema Rekayasa Lalu Lintas

      Polda DI Yogyakarta telah menyiapkan berbagai skema rekayasa lalu lintas saat gelaran pernikahan Kaesang dan Erina.

      Dinilai Langgar Etik, Hakim Kasus Klitih Gedongkuning Bakal Dilaporkan ke KY

      Hakim yang mengadili terdakwa kasus klitih Gedongkuning Jogja dilaporkan ke Komisi Yudisial.

      Awas! Ngerokok Sembarangan di Malioboro Jogja Bakal Didenda Rp7,5 Juta

      Pemkot Jogja kini tengah menyusun Perwal mengenai kawasan tanpa rokok dan salah satu poinnya perokok sembarangan bisa didenda hingga Rp7,5 juta.

      Siap-Siap Ambyar! Jumat Malam, Denny Caknan Konser di Bantul

      Penyanyi Denny Caknan dijadwalkan manggung di Lapangan Trirenggo, Kabupatan Bantul, pada Jumat malam.

      Motor Tabrak Pembatas Jembatan di Sleman, 2 Pemuda Asal Cilacap Meninggal

      Kecelakaan tunggal yang terjadi di Jalan Wates tepatnya di depan SPBU Perengdawe, Kalurahan Balecatur, Kapanweon Gamping, menyebabkan dua pemuda meninggal dunia.