SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JEPARA — Di tangan pengrajin kreatif Jepara, akar kayu tak terbuang sia-sia, bahkan bisa memiliki nilai rupiah. Akar kayu kecil yang bisanya hanya mejadi limbah atau sekadar menjadi kayu bakar, bisa naik kelas menjadi tatakan yang unik dan klasik untuk meletakkan akuarium mini.

Pengrajin kreatif itu meletakkan akar untuk menyangga akuarium kaca yang dibentuk menyesuaikan profil atau bentuk akar. Jadinya, setiap akuarium akar tersebut selalu unik. Karena unik maka produk kreatif ini layak dipajang di rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akuarium itu bisa ditaruh di meja di teras, meja tamu, bahkan di dalam kamar. Isi akuarium akar dengan jenis ikan yang tidak membutuhkan blower, misalnya, ikan cupang atau gufi. Hasil karya seni akuarium akar tersebut dipajang dan dijajakan sejumlah pedagang di tepi jalur jalan Ngabul-Jepara, Jawa Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati karya seni itu tidak ditempatkan di galeri atau ruang khusus, puluhan akuarium akar tersebut cukup mencolok dan menggoda pelintas jalan untuk mampir. “Setiap hari pasti ada yang membeli, rata-rata sehari satu akuarium akar terjual,” kata Agung Prihananto, penjual akar akuarium di jalur jalan Ngabul-Jepara, Minggu (30/6/2019)

Pria kelahiran Yogyakarta tersebut menceritakan setiap akuarium dibentuk menyesuaikan bentuk akar. Kaca dipanaskan dalam suhu tertentu kemudian di bagian bawah ditekan ke permukaan akar. Setelah kaca dingin, bentuk bagian bawah kaca akan sesuai dengan permukaan akar. “Ini sekaligus menjadi pengunci ketika akuarium itu ditaruh di atas akar,” kata Agung.

Harga akuarium akar bervariasi, mulai dari Rp80.000 hingga di atas Rp3 juta. “Tergantung besar diameter kaca dan akarnya,” kata Agung yang sudah setahun menjajakan akuarium akar tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya