SOLOPOS.COM - Blackberry Messenger (Imore.com)

Blackberry bekerja sama dengan perusahaan lokal di Indonesia untuk membikin smartphone.

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia adalah pasar terbesar Blackberry dengan pengguna aktif aplikasi messenger (BBM) sebanyak 60 juta orang per bulan pada Juni 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Senin (17/10/2016) beberapa tahun mendatang, Indonesia akan menjadi pasar smartphone terbesar keempat sedunia dengan penjualan tahunan sebesar US$1 miliar atau lebih dari Rp130 triliun.

Melihat potensi besar bisnis smartphone di Indonesia, perusahaan teknologi Kanada, Blackberry, tak ingin hengkang dari Tanah Air. Tapi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) akan meningkat menjadi 30% pada 2017 dan akan naik lagi 10% pada tahun berikutnya.

Untuk memenuhi kadar TKDN yang dicanangkan pemerintah, Blackberry dikabarkan telah membuat kesepakatan dengan salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan  telekomunikasi yang masih dirahasiakan namanya tersebut akan memproduksi, mempromosikan, dan mendistribusikan smartphone Blackberry di Indonesia.

Ini adalah langkah strategis Blackberry untuk mendahului Apple yang kabarnya juga akan membangun R&D center di Indonesia tahun depan. Sementara itu, Indonesia sendiri sudah diincar vendor smartphone lain dari Tiongkok, Xiaomi.

Juru bicaranya menyebut Indonesia adalah pasar strategis untuk Xiaomi dan mereka ingin serius berkembang di sini. Lenovo dan Samsung sudah terlebih dahulu membangun pabrik di Indonesia pada 2015. Samsung saat ini masih menjadi vendor dengan pangsa pasar terbesar dengan angka 26% di Indonesia menurut laporan IDC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya