Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Inilah lokasi petilasan Ki Semar yang dianggap leluhur atau nenek moyang di Tanah Jawa.

 Gunung Srandil. (facebook/Hutan Belantara Indonesia)

SOLOPOS.COM - Gunung Srandil. (facebook/Hutan Belantara Indonesia)

Solopos.com, CILACAP — Kabupaten Cilacap selain dikenal memiliki objek wisata alam yang indah, juga memiliki destinasi wisata religi yang cukup terkenal, yakni Gunung Srandil. Di lokasi itu terdapat petilasan Ki Semar.

Dikutip dari Bisnis.com, Minggu (16/1/2022), Gunung Srandil terletak di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Gunung Srandil menjadi salah satu tempat favorit peziarah yang hendak melakukan ritual, terutama pada malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon saat Sura atau Bulan Muharam.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Berdasarkan keterangan yang diunggah akun @buminusantara.id, Gunung Srandil menjadi petilasan Ki Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo.

Baca Juga: Gunung Srandil, Destinasi Wisata Religi Cilacap yang Dipenuhi Petilasan

Sebagian masyarakat Jawa meyakini sosok Ki Semar sebagai leluhur di tanah Jawa. Konon, Ki Semar disimbolkan sebagai kawula ajiwa bathara yang berarti rakyat yang berjiwa dewa.

Selain petilasan Ki Semar, di sekitar kawasan Gunung Srandil juga terdapat beberapa petilasan lain. Beberapa di antara petilasan Eyang Guru Agung Sultan Mursid, Nini Dewi Tanjung Sekar Sari, Eyang Langlang Buana, Eyang Juragan Dampu Awang atau Sampokong atau Sunan Kuning, dan Mayang Koro atau Hanoman.

Di bukit yang dipenuhi pepohonan itu juga terdapat dua makam prajurit Diponegoro bernama Kuncisari dan Danasari. Makam tersebut kemudian dinamakan makam Sukmasejati.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Gunung Merapi dari Petilasan Bukit Cilenguk Selo

Gunung Srandil tak hanya dikenal di kalangan masyarakat Cilacap atau Jawa. Banyak peziarah yang datang dari Kalimantan, Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Masyarakat yang berkunjung ke Gunung Srandil memiliki tujuan berbeda-beda, seperti ziarah, ritual agama, budaya, hingga napak tilas. Salah satu tujuan napak tilas, yakni petilasan Ki Semar.

Objek wisata Gunung Srandil ini sebetulnya sebuah bukit kecil dipenuhi pepohonan. Di bukit kecil itu juga terdapat Vihara Budha Tri Ratna yang masih digunakan beribadah umat Budha.

Dilansir laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, penghuni kali pertama di Gunung Srandil adalah Sultan Mukhriti, putra kedua Ratu Sumenep bernama Dewi Sari Banon.

Baca Juga : Ini Batu Cinta Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul di Parangkusumo

Konon, Sultan Mukhriti berniat untuk bertapa. Namun, sang sultan malah muksa atau menghilang. Ia meninggalkan petilasan di sebelah timur Gunung Srandil. Sultan Mukhriti kini dikenal dengan sebutan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Jokowi Naik KA yang Biasa Dipakai Pemimpin Dunia ke Ukraina

Jokowi ke Ukraina menggunakan kereta api luar biasa yang dipersiapkan Pemerintah Ukraina.

Tempuh 11 Jam dari Polandia, Jokowi Tiba di Kyiv Ukraina

Setelah menempuh perjalanan selama 11 jam dari Polandia, Jokowi tiba di Kyiv Ukraina untuk melanjutkan agenda bertemu Presiden Ukraina Zelensky

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Pemerintah Buka Lowongan 1 Juta CPNS dan PPPK Tahun Ini

Penerimaan ASN pada tahun ini akan berfokus pada jabatan fungsional PPPK guru dan tenaga kesehatan yang tengah berada dalam proses validasi.

Investasi Yusuf Mansur: Berharap Berkah Berbuah Musibah?

Sebagian investasi Yusuf Mansur itu kini digugat ke pengadilan dan dilaporkan secara pidana ke kepolisian.

Perjalanan Berisiko Jokowi dan Para Pemimpin Dunia Demi Misi Damai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi kepala negara Asia pertama yang berkunjung ke Ukraina di tengah invasi Rusia. Sebelum Jokowi, sejumlah pemimpin negara lain di Eropa juga mempertaruhkan keselamatan mereka dengan berkunjung ke Ukraina.

Mungkinkah Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, Begini Analisisnya

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mewacanakan duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menjadi pemersatu bangsa

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Apresiasi Prestasi Mahasiswa, UMS Gelar Student Achievement Award 2022

Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Student Achievement Award (SAA) 2022.

10 Berita Terpopuler: 11 Daerah Wajib MyPertamina & Piala Presiden 2022

Ulasan tentang 11 daerah yang wajib menerapkan MyPertamina untuk membeli Pertalite-Solar dan Piala Presiden 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (29/6/2022).

Wapres: Pernikahan Beda Agama Dilarang

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan sesuai fatwa MUI pernikahan beda agama haram dilakukan.

Duh, 1,7 Juta Bayi di Indonesia Belum Peroleh Imunisasi Dasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan kondisi tersebut berdampak pada peningkatan jumlah kasus penyakit yang seharusnya bisa dicegah lewat imunisasi atau PD3I.

Butuh Kerja Sama Antarnegara Mencegah Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo menyerukan negara G7 dan G20 bersama-sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang agar tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.