Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Antara-Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyindir kosongnya jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat menghadiri sidang paripurna DPRD DKI Jakarta.

"Yang saya hormati Saudara Gubernur DKI Jakarta [Anies Baswedan], masih belum ada wakilnya ya?" kata Tjahjo di depan peserta sidang dan disambut oleh tawa pengunjung sidang, Sabtu (22/6/2019).

Pasca rapat paripurna, Tjahjo menekankan agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan DPRD DKI Jakarta segera memproses pemilihan wakil gubernur. Tjahjo mengatakan keberadaan wakil gubernur penting untuk membantu Anies dalam menjalankan pemerintahan.

Meski demikian, Tjahjo mengatakan tidak ada batas waktu kapan nama wakil gubernur seharusnya diangkat. Seperti diketahui, kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong sejak Agustus tahun lalu ketika Sandiaga Uno memutuskan untuk mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

Dua nama yang diusung oleh partai pengusung yaitu Gerindra dan PKS adalah mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto. Keduanya adalah kader PKS. Hingga hari ini, Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta masih menggodok tata tertib pemilihan wakil gubernur.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pun sebelumnya menjanjikan rapat paripurna pemilihan wakil gubernur akan dilaksakan 22 Juli mendatang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten