Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Di Dayu Karanganyar, Jejak Sungai Besar Purba Ditemukan

Di Dayu Karanganyar, Jejak Sungai Besar Purba Ditemukan
user
Jumat, 9 Desember 2022 - 20:40 WIB
share
SOLOPOS.COM - Seorang warga Wonorejo, Gondangrejo, sedang mengambil air dari mata air yang berada di Grenjeng, Dayu, Gondangrejo, Rabu (21/1/2015). Mata air tersebut diyakini warga setempat sebagai mata air yang sudah berumur tua. Bahkan ada anggapan mata air tersebut sudah muncul sejak zaman puba. (Bayu Jatmiko Aji/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu berada di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Museum ini adalah satu-satunya museum Sangiran yang berada di wilayah Karanganyar yang menyimpan jejak sungai besar purba yang terekam dalam salah satu lapisan tanahnya.

Dari lembah sungai itulah, Dayu terkenal menyumbang data penting bagi pemahaman sejarah evolusi fisik manusia, maupun lingkungan keadaan alam purba. Stratigrafi di Sangiran menunjukkan proses perkembangan evolusi dari lingkungan laut yang berangsur-angsur berubah menjadi lingkungan daratan, seperti tercermin dari fosil-fosil yang ditemukan pada masing-masing formasi. 

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN