SOLOPOS.COM - Presiden Brasil Jair Bolsonaro membuat tanda hati saat bertemu pendukungnya di sela-sela upacara penurunan bendera di tengah wabah Covid-19 di Istana Alvorada, Brasilia, Brasil, Jumat (24/7/2020). (Antara-Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi virus corona mengguncang kondisi politik Brasil. Setelah pekan lalu didemo besar-besaran agar turun dari jabatannya akibat dianggap gagal  menangani Covid-19, Presiden Brasil Jair Bolsonaro kini dituduh terlibat dalam skema memotong gaji para pembantunya.

Sedangkan seorang anggota Senat, sebagimana dikutip laman Brasil UOL melaporkan bahwa tekanan politik pada pemimpin sayap kanan itu terus meningkat seiring tuduhan baru. Mengutip rekaman audio mantan ipar Bolsonaro yang menjelaskan perannya dalam dugaan kasus korupsi itu, UOL melaporkan kasus  itu terkait perekrutan rekan dekat sebagai karyawan dan kemudian menerima uang dari hasil potongan gaji mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Laporan UOL menunjukkan untuk pertama kalinya Bolsonaro secara langsung terlibat dalam kasus semacam itu, yang secara lokal dikenal sebagai Rachadinha seperti dikutip Aljazeera.com, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: 6 Zodiak Ini Konon Hobi Bergosip di Tempat Kerja

Jaksa negara bagian Rio de Janeiro telah secara resmi mengajukan tuntutan terhadap Senator federal Flavio Bolsonaro, putra tertua presiden, atas dugaan partisipasinya dalam kasus serupa ketika dia menjadi anggota parlemen negara bagian.

Laporan itu muncul ketika Bolsonaro menghadapi kemarahan publik yang meluas dan protes massal atas penanganannya terhadap pandemi Covid-19. Dia juga menghadapi  pertanyaan tentang dugaan korupsi dalam upaya pengadaan vaksin pemerintah.

Janjikan Basmi Korupsi

Pemimpin populis itu terpilih pada tahun 2018 dengan janji untuk membasmi korupsi setelah beberapa skandal tingkat tinggi mengguncang Brasil.

Akan tetapi, penanganan Bolsonaro terhadap Virus Corona, yang telah menewaskan lebih dari 524.000 orang di seluruh negara Amerika Selatan itu, telah menyebabkan penurunan tajam popularitasnya.

Baca Juga: Epidemiolog UI Ingatkan Ivermectin Bukan Permen

Dia juga menghadapi penyelidikan komisi Senat terhadap kebijakan pandemi pemerintahnya. Ribuan orang menggelar aksi protes di seluruh Brasil selama akhir pekan lalu untuk menuntut pengunduran dirinya karena krisis kesehatan tersebut.

Hakim Mahkamah Agung Brasil Rosa Weber sebelumnya mengesahkan penyelidikan tindak kriminal atas Bolsonaro terkait tuduhan potensi korupsi dalam kementerian kesehatannya dalam proses pengadaan vaksin Covid-19 asal India.

Dia terlibat dalam dugaan penyimpangan  kontrak senilai 1,6 miliar reais (US$315 juta) yang ditandatangani pada Februari dengan perusahaan farmasi India Bharat Biotech untuk pengadaan 20 juta dosis. Akan tetapi, Bolsonaro telah membantah melakukan kesalahan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya