Tutup Iklan
Pimpinan Tim Peneliti Puslitbang Mabes Polri Kombes Harvin Raslin didampingi Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga memberikan pengarahan kepada anggota Bhabinkamtibmas Polres Batang. (Antara-Kutnadi)

Solopos.com, BATANG — Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia mengingatkan pada anggota bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) turut campur dalam urusan pemanfaatan dana desa (DD).

Peringatan itu disampaikan Pimpinan Tim Peneliti Puslitbang Mabes Polri Kombes Pol. Harvin Raslin di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (28/8/2019). Ia mengatakan bahwa tugas bhabinkamtibmas hanya wajib melakukan pendampingan supaya dana desa digunakan sesuai tepat sasaran.

"Anggota bhabinkamtibmas berperan dalam melakukan pendampingan pembangunan desa. Selain itu bhabinkamtibmas juga harus bisa mendorong optimalisasi pemberdayaan masyarakat desa," katanya di hadapan jajaran Polres Batang, Jawa Tengah.

Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan polres akan terus mengoptimalkan peran bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Polri. Kehadiran anggota bhabinkamtibmas di tengah masyarakat, kata dia, harus dapat memberikan manfaat dan semangat masyarakat untuk membangun desa yang lebih baik.

"Kami sampaikan bahwa bhabinkamtibmas di wilayahnya berperan aktif dalam upaya membantu terselenggaranya program-program desa. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga harus bisa melakukan pendampingan penggunaan dana desa agar tidak terjadi penyelewengan anggaran," katanya.

Kehadiran Tim Peneliti Puslitbang Polri ini bertujuan juga ingin melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri, terutama peran bhabinkamtibmas di desa binaannya. Pada kesempatan itu Tim Puslitbang Polri beserta rombongan yang didampingi oleh Kapolres Batang dan Kasat Binmas AKP Akhmad Almunasifi berkunjung ke Balai Desa Denasri Wetan, Kecamatan Batang dan Desa Brayo Kecamatan Wonotunggal untuk melakukan dialog dengan pemerintah desa dan masyarakat terkait tugas bhabinkamtibmas di desa.

">KLIK dan ">LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten