SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging ayam (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga bawang putih juga naik sejak awal pekan ini

Harianjogja.com, BANTUL—Setidaknya dua pekan menjelang puasa, harga daging ayam di beberapa pasar tradisional di Bantul merangkak naik dari Rp27.000 menjadi Rp30.000 per kilogram dalam sepekan terakhir. Selain itu, harga bawang putih juga naik sejak awal pekan ini dari kisaran Rp27.000-Rp30.000 per kilogram menjadi Rp60.000. Kenaikannya sampai 100%.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanto Hadi mengatakan kenaikan harga bawang putih disebabkan berkurangnya pasokan barang dari suplier. Dari suplier juga sudah menaikkan harga sehingga penjual di pasar menyesuaikan dengan harga kulakan.

“Saya tanya ke pedagang semua menaikkan harga. Sejauh ini belum ada polemik di masyarakat,” ungkapnya, Kamis (11/5/2017). Subiyanto mengaku harga kebutuhan pokok di Bantul selama tiga hari terakhir stabil, yaitu beras IR pada kisaran Rp8.500 per kilogram, gula pasir kisaran Rp12.700 per kilogram dan bawang merah stabil pada kisaran Rp25.000 per kilogram.

Kepala Bank Indonesia Cabang Jogja, Budi Hananto, mengungkapkan tim TPID DIY selalu berkoordinasi dengan TPID Kabupaten untuk menjaga pasokan, memperlancar distribusi, dan memantau harga secara ketat. “Jika ada lonjakan harga, akan langsung intervensi dengan operasi pasar dan program pasar murah sehingga harga menjadi lebih stabil jelang Lebaran,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya