SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta keluarga menunaikan salat id 1 Syawal 1440 H di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (5/6/2019) pagi. Ganjar berlebaran di Kabupaten Banyumas bersama istrinya, Siti Atiqoh Supriyanti, dan anak semata wayang mereka, Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Ganjar Pranowo yang didampingi putranya duduk di saf paling depan bersama Bupati Banyumas Achmad Husein dan Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono serta sejumlah anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkompimda) Kabupaten Banyumas. Salat Id di Alun-Alun Purwokerto tersebut dipimpin imam K.H. Sofwan Mubarir A.H. yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Darul Quran, Purwokerto, dengan katib K.H. Mohammad Roqib yang merupakan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas.  

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Saat menyampaikan khotbah, katib Mohammad Roqib mengatakan umat Islam bersedih karena ditinggal bulan yang mulia dan suci, yakni Ramadan. “Dalam konteks Indonesia, tanggal 9 pada bulan suci Ramadan merupakan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, cinta terhadap bulan Ramadan juga merupakan cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia mengajak jemaah salat Idulfitri untuk bertafakur dan berpikir apakah masih punya kesempatan menemukan bulan Ramadan pada tahun depan. “Apakah Ramadhan kali ini sudah kita manfaatkan sebagai Kawah Candradimuka untuk meniru Nabi Muhammad SAW, menjadi manusia paripurna atau ‘insan kamil? Menuntut ilmu dan hikmah-hikmahnya,” katanya.

Katib juga mengatakan ajaran puasa pada bulan Ramadan adalah untuk revolusi mental semua umat agar menjadi manusia bertakwa serta manusia yang memiliki komitmen dan loyalitas terhadap kemanusiaan maupun aturan undang-undang. Menurut dia, takwa merupakan komitmen integrasi serta integrasi perilaku batin dan hati, perilaku dhohir dan batin, serta perilaku hati dan tubuh yang sama-sama taat kepada Allah dan peraturan lain untuk kemaslahatan manusia.

Seusai menjalankan salat id, Ganjar bersama forkompimda Kabupaten Banyumas bersalaman dengan jemaah salat dan dilanjutkan dengan silaturahmi di Pendapa Sipanji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya