SOLOPOS.COM - Raja Kraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X di dampingi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas (dua kanan di Dalem Wironegaran, Jogja, Jumat (8/5/2015). Pertemuan dengan puluhan perwakilan masyarakat Jogja tersebut Sultan HB X menjelaskan lebih terperinci tentang Sabda Raja dan Dawuh Raja beberapa waktu lalu. (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Dhawuh Dalem yang dikeluarkan Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, diduga ada kaitannya dengan banyaknya kejadian di banyak keraton di luar Yogyakarta

Harianjogja.com, JOGJA- Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara mendadak mengumpulkan sebagian abdi dalem Keraton Yogyakarta di Bangsal Siti Hinggil Kamis (31/12/2015).

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

(Baca juga : DHAWUH DALEM : Bukan Sabda Raja, Sultan Berikan Dhawuh Dalem, Minta Abdi Dalem untuk Patuh)

Ekspedisi Mudik 2024

Pakar Politik dan Pemerintahan UGM, Bayu Dardias mencatat pertemuan ini adalah pertama kalinya Sultan menggunakan surjan dan mengumumkannya di Siti Hinggil. Kondisi ini berbeda dengan empat pertemuan yang dilakukan Sultan sebelumnya.

Pada Sabdatama pertama dan kedua Sultan mengenakan surjan dan menyampaikannya di dalam keraton. Sementara dalam Dhawuh Raja dan Sabdaraja Sultan mengenakan pakaian kebesaran lengkap dengan kuluk di Siti Hinggil.

“Tampaknya ada hal penting yang disampaikan Sultan namun enggan dibuka. Mungkin untuk pesan internal ke abdi dalem dan keluarga,” papar penulis buku Demokratisasi Vs Keistimewaan DIY ini.

Bayu menduga, pertemuan ini ada kaitannya dengan banyaknya kejadian di banyak keraton di luar Yogyakarta yang mengalami perebutan aset kraton. Menurutnya bisa jadi Sultan melakukan Dhawuh ini untuk menjaga ikatan dalam keluarga agar konflik serupa tak sampai terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya