SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JOGJA — Putra sulung Raja Pura Pakualaman KGPAA Paku Alam X, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro, resmi mempersunting kekasih hatinya Maya Lakhsita Noorya.

Akad nikah kedua mempelai dihelat di Kagungan Ndalem Masjid Agung Kadipaten Pakualaman, Sabtu (5/1/2018) pagi. Kusumo Bimantoro kini sah menjadi suami Maya dengan mahar Alquran dan seperangkat alat salat.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Proses sakral Dhaup Ageng Puro Pakualaman Jogja berupa upacara akad nikah dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Pengantin putra BPH Kusumo Bimantoro berjalan kaki dengan dikawal prajurit Puro Pakualaman dari istana menuju ke Masjid Kagungan Ndalem yang berjarak sekitar 100 meter.

Sementara pengucapan ijab kabul dimulai pukul 07.38 WIB, dengan saksi dari KPH Noto Atmojo dari pihak pengantin putra. Sedangkan saksi dari wanita yaitu Aryono. Pernikahan agung itu dipimpin penghulu dari KUA Pakualaman Nanang Kosim. Sedangkan Ujang Sihabudin dan Alfian Dharmawan bertindak sebagai ustaz yang memberikan khutbah.

Akad berlangsung dengan khidmat dengan dimulai dari Mandiyo Priyo selaku ayah dari Maya Noorya Lakhsita yang menikahkan.

Katur Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro [untuk BPH Kusumo Bimantoro],” ucap Mandiyo Priyo mengawali akad nikah.

Nggih Maniro [ya saya],” jawabnya.

Maniro nikahake kaliyan purbo maniro pawestri inkang sesilih Maya Lakshita Noorya dhumateng Panjengenan Dalem, Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro bin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam Ingkang Jumeneng Kaping Sedoso kanthi mas kawin seperangkat pirantos salat lan Al Quran ingkang kabayar kenceng [Saya nikahkan kamu dengan anak perempuan saya Maya Lakhsita Noorya untuk BPH Kusumo Bimantoro bin KGPAA Pakualaman X dengan mas kawin seperangkat alat salat dan Alquran dibayar tunai],” ucapnya.

Maniro tampi nikahe Maya Lakhsita Noorya binti Madiyo Priyo dhumateng maniro inggih Bendoro Pangeran Haryo Kusumo Bimantoro bin Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam Ingkang Jumeneng Kaping Sedoso kanthi mas kawin kasebat kabayar kenceng [saya terima nikahnya Mata Lakhsita Noorya bin Mandiyo Priyo untuk saya BPH Kusumo Bimantoro bin KGPAA Pakualaman X dengan mas kawin tersebut dibayar tunai],” jawab BPH Kusumo Bimantoro.

Setelah ritual akad nikah selesai, BPH Kusumo Bimantoro kembali berjalan keluar dari Masjid Kagungan Ndalem menuju ke istana Puro Pakualaman dengan pengawalan prajurit Pakualaman serta kerabat Puro Pakualaman sekitar pukul 08.00 WIB.

Setelah akad nikah berlangsung upacara panggih temanten pada pukul 10.00 WIB di Bangsal Sewatama, Puro Pakualaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya