Dhaksinarga Carnival Tampilkan 2.500 Seniman
Sejumlah penari tampil dalam Dhaksinarga Carnival 2017, Sabtu (16/12/2017). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menggelar Dhaksinarga Carnival

Solopos.com, GUNUNGKIDUL —Demi meningkatkan potensi seni dan tradisi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul menggelar Dhaksinarga Carnival. Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (16/12/2017) tersebut melibatkan sebanyak 2.500 seniman.

Ketua Panitia Dhaksinarga Carnival, Dwijo Winarto mengatakan dalam carnival tahun ini arak-arakan melibatkan sedikitnya 25 grup kesenian yang berasal dari 18 kecamatan yang ada di Gunungkidul.

Kelompok kesenian yang terlibat diantaranya adalah kesenian reog, jathilan, ketoprak, gejlok lesung, paguyuban wiyogo.

”Total Carnival ini melibatkan sekitar 2.500 seniman dari Gunugkidul,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu.

Ribuan seniman tersebut menampilkan sejumlah tarian dan berkostum khas. Selain menari mereka juga berarak-arakan dari dimulai Simpang Tiga Kranon Kepek hingga Titik Nol Kilometer atau Alun-Alun Wonosari.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan Daksinarga Carnival 2017 ini mampu mendongkrak semangat para pekerja seni lokal di Gunungkidul.

Sehingga dengan seiring berkembangnya era digital dan era modern ini, kesenian tradisional masih tetap eksis bahkan mampu bersaing dalam mewujudkan kekayaan budaya yang ada.

“Sangat kami harapkan untuk terus berkembang seni yang ada di Gunungkidul sehingga menambah kekayaan budaya,” kata Dwijo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho