Tutup Iklan

Dewan Pendidikan Kota Solo Buka Posko Pengaduan PPDB, Terima Konsultasi Juga

Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) membuka posko pengaduan penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SDN, SMPN, dan SMAN tahun ajaran 2019/2020. Posko menerima aduan sekaligus konsultasi.

Dewan Pendidikan Kota Solo Buka Posko Pengaduan PPDB, Terima Konsultasi Juga

SOLOPOS.COM - Calon siswa baru SD mengikuti tes keterampilan pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Negeri Mangkubumen Lor 15 Solo, Selasa (20/6/2017). (Solopos - Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) membuka posko pengaduan penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SDN, SMPN, dan SMAN tahun ajaran 2019/2020. Posko menerima aduan sekaligus konsultasi.

Ketua DPKS, Joko Riyanto, mengatakan posko PPDB siap menerima pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan PPDB online dan zonasi. Posko dibuka pada 24 Juni-9 Juli 2019, yakni sebelum pendaftaran hingga pengumuman.

Pembukaan posko PPDB digelar di Kantor DPKS di Jl. Yosodipuro Solo setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 16.00 WIB. “Masyarakat bisa mengadukan atau berkonsultasi tentang PPDB SDN, SMPN, dan SMAN yang menggunakan sistem zonasi,” katanya kepada Solopos.com saat ditemui di ruangannya, Senin (24/6/2019).

Zonasi bertujuan baik yakni untuk pemerataan pendidikan. Dengan begitu kebijakan zonasi perlu dikawal agar berjalan sesuai yang diharapkan pemerintah serta membawa manfaat bagi masyarakat.

“Masyarakat yang merasa dirugikan atau bingung tentang zonasi bisa datang ke posko. Ada anggota DPKS yang akan mencarikan solusi,” ujarnya.

Agar zonasi berjalan baik, ia meminta sekolah melaksanakan PPDB sesuai petunjuk teknis (juknis) yang telah dikeluarkan Dinas Pendidikan Solo bagi SD dan SMP serta juknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng bagi SMAN. Sekolah jangan sampai membuat aturan sendiri.

Pihaknya akan mengevaluasi pelaksanaan sistem zonasi PPDB guna mengetahui hasilnya. “Bila ada kekurangan bisa dilakukan perbaikan. Ke depan agar sistem zonasi PPDB dapat membawa manfaat bagi masyarakat sehingga mereka mendapatkan pendidikan yang baik,” ujarnya.

Warga Panularan, Laweyan, Nurlitasari, mengaku senang dengan adanya posko pengaduan PPDB. Posko PPDB dapat membantu dirinya. “Saya baru tahu ada posko pengaduan PPDB. Saya bingung harus berkonsultasi kemana mengenai PPDB. Aturan yang berubah-ubah membuat saya bingung,” kata dia.

Nurlitasari mengaku bingung karena awalnya PPDB menggunakan sistem zonasi dengan persentase kuota jalur prestasi 5%, jalur perpindahan orang tua 5%, dan zonasi 90%. Sementara itu, Pemprov Jateng memodifikasi PPDB menjadi zonasi sebesar 90% yang dibagi lagi menjadi 20% untuk jalur siswa berprestasi di dalam zona dan 60% untuk jalur zonasi murni.

“Kalau berubah–ubah seperti ini saya harus mengadu kepada siapa? Nanti sebelum membuat akun PPDB saya akan konsultasi ke DPKS dulu,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Komitmen Indonesia Turunkan Angka Pekerja Anak

Indonesia tak lelah berupaya menurunkan angka pekerja anak, tetapi bagaimana sebenarnya wujud komitmen Indonesia menumpas pekerja anak?

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.