SOLOPOS.COM - Jan Olde Riekerink (Twitter/dewaunitedfc_)

Solopos.com, SOLO – Dewa United menunjuk pelatih asal Jan Olde Riekerink, Belanda, untuk mendampingi mereka menjelang menghadapi Persis Solo di putaran kedua Liga 1 2022/2023.

Racikan Jan Olde Riekerink di skuad Dewa United akan menjadi tantangan bagi Persis Solo yang akan bertanding di Stadion Indomilk, Tangerang, akhir pekan ini.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Dewa United juga turut mendatangkan Sjoerd Woundenberg yang merupakan pelatih kelahiran Belanda, 4 September 1986. Sjoerd sangat mengenal Jan Olde Riekerink karena mereka pernah bekerja sama saat menukangi klub Afrika Selatan, Cape Town City.

CEO Dewa United FC, Ardian Satya Negara mengatakan bergabungnya Sjoerd merupakan permintaan langsung dari pelatih kepala, Jan Olde Riekerink.

“Kehadiran Sjoerd memang bertujuan untuk membantu program coach Jan bersama tim. Kami berharap adanya Sjoerd bisa meningkatkan kinerja Dewa United FC ini bersama tim pelatih lainnya,” kata Ardian.

Sementara itu, Jan Olde Riekerink merupakan pelatih kelahiran 22 Februari 1963. Ia mengawali karier kepelatihan di tim muda Ajax Amsterdam selama tujuh tahun yaitu pada 1995 sampai 2002.

Jan Olde Riekerink kemudian dipercaya menjadi pelatih kepala KAA Gent yang merupakan salah satu tim kuat Liga Belgia pada tahun 2002. Jan Olde Riekerink  juga sempat menjabat sebagai asisten pelatih di FC Porto pada musim 2005-2006, atau dua musim setelah klub raksasa Portugal tersebut menjuarai Liga Champions Eropa.

Pada tahun 2011, Jan Olde Riekerink melanjutkan karier di Benua Asia dengan menjadi direktur umum pembinaan usia muda di Chinnese Football Association sekaligus menjadi pelatih kepala Timnas Cina untuk Olimpiade.

Pada tahun 2015, Jan Olde Riekerink bergabung dengan tim raksasa Liga Turki, Galatasaray. Disana, ia bekerja sama dengan beberapa pemain top dunia seperti Wesley Sneidjer dan Lukas Podolski.

Dua musim di Galatasaray dan meraih gelar juara Turkish Cup dan Turkish Super Cup, Jan Olde Riekerink kembali ke Belanda dengan menangani SC Heerenveen pada musim kompetisi 2018-2019.

Semusim di Heerenveen, Jan Olde Riekerink menerima tantangan baru di Benua Afrika dengan menangani FC Cape Town City, salah satu klub ternama di Liga Afrika Selatan pada tahun 2019 sampai 2021.

Terakhir, Jan Olde Riekerink kembali ke Turki dengan menangani Iskenderuspor. Selain menjadi pelatih kepala, Jan Olde Riekerink juga sempat menjabat sebagai CEO di klub tersebut. Ia pun sukses membawa Iskenderuspor promosi ke kasta kedua Liga Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya