SOLOPOS.COM - Kondisi mobil yang tertabrak kereta api saat menyeberangi perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Jumat (27/5/2022) sore. (Istimewa/Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Satu unit mobil tertabrak kereta api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jumat (27/5/2022) sore. Beruntung, sopir dan penumpang mobil yang tertabrak KA lolos dari maut.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kecelakaan tersebut bermula saat mobil melintasi perlintasan KA tanpa palang pintu di Taji, Prambanan, Klaten. Mobil dikemudikan Ama Albaits Tsa Sanna, 35, warga Ciracas, Jakarta Timur dan ditumpangi M. Syaefudin, 33, warga Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mobil melaju dari arah Toko WS atau dari jalan raya Solo-Jogja menuju ke selatan. Saat melintasi perlintasan KA tanpa palang pintu di Taji, pengemudi tidak menyadari ada KA Argo Wilis yang hendak melintas dari arah barat atau dari Stasiun Brambanan.

Saat menoleh ke kanan dan melihat ada KA yang melaju dari arah barat, pengemudi langsung menginjak gas mobil agar segera melintasi rel KA tanpa palang pintu.

Lantaran jarak yang terlalu dekat, KA Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya menabrak bagian belakang mobil. Peristiwa itu mengakibatkan bagian belakang mobil rusak dengan pintu belakang terlepas.

Baca Juga: Tarif KRL Diwacanakan Naik, Bagaimana dengan KRL Solo-Jogja?

Beruntung, pengemudi dan penumpang selamat tanpa luka sedikitpun. Kerugian materiil kerusakan mobil akibat kecelakaan itu ditaksir mencapai Rp15 juta.

“Jalur itu memang ramai. Kondisi perlintasan KA memang tidak ada palangnya dan tidak ada yang jaga. Perlintasan dijaga saat momentum tertentu saja seperti ketika Lebaran,” kata Camat Prambanan, Puspa Enggar Hastuti, kepada Solopos.com, Jumat.

Terpisah, Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, melalui Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mengimbau seluruh elemen masyarakat selalu berhati-hati saat berkendara. Terlebih saat melintasi perlintasan KA tanpa palang pintu.

Baca Juga: Tabrak Truk Terparkir di Jl. Solo-Jogja, Pengendara Vespa Matik Terluka

“Kami mengimbau ke masyarakat saat di perlintasan KA baik yang ada palang pintu maupun yang tidak harap hati-hati. Tengok kanan-kiri sebelum melintas untuk memastikan ada KA yang lewat atau tidak,” kata Iptu Abdillah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya