SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara)

Ilustrasi (Antara)

KARANGANYAR–Ratusan tokoh pemuda mengikuti forum dialog anti kekerasan dan tindak terorisme di Gedung Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI), Karanganyar, Selasa (25/9/2012).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Peserta pertemuan mendapat penjelasan langsung tentang tindak terorisme dari Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo.  Materi dialog seputar ciri-ciri gerakan kelompok teroris hingga tindakan yang harus diambil para pemuda (masyarakat). Seperti gerakan paramiliter atau latihan fisik sekelompok orang asing di wilayah hukum Bumi Intanpari.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain kawasan lereng Gunung Lawu, sejumlah kawasan di Karanganyar dinilai potensial menjadi lokasi pelatihan kelompok teroris.  “Latihan paramiliter tidak hanya di gunung. Semua tempat yang menurut mereka nyaman seperti lahan kosong, terpencil dari pantauan penduduk, bisa jadi lokasi latihan. Masyarakat harus bisa mendeteksi gerakan seperti ini. Bila ada gerakan mencurigakan segera laporkan,” ungkap Kapolres saat ditemui wartawan seusai pertemuan.

AKBP Nazirwan menegaskan pentingnya pemahaman masyarakat tentang tindak terorisme dan ciri-cirinya. Ke depannya, para tokoh pemuda yang telah mengikuti forum-forum pertemuan, bakal menjadi ujung tombak deteksi dini kewaspadaan terorisme. Sebab saat ini Polres Karanganyar sedang menggodok konsep deklarasi bersama anti kekerasan dan terorisme.

Sementara itu salah seorang peserta forum dialog anti terorisme, Sujiman, asal Desa Wonorejo, Kecamatan Gondangrejo, mengaku siap menjadi bagian terdepan deteksi ancaman terorisme di wilayahnya.

“Poin yang saya tangkap, kami harus peka terhadap kondisi lingkungan maisng-masing. Bila ada gerakan mencurigakan harus segera melapor kepada aparat,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya