Tutup Iklan
Ilustrasi wanita hamil (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kehamilan menjadi kabar yang membahagiakan bagi para wanita yang telah menikah. Namun, tidak semua kehamilan tersebut berakhir baik. Adalah suatu kondisi kehamilan yang menyebabkan membuat seseorang sedih, yakni hamil kosong.

Hamil kosong bisa terjadi pada semua ibu hamil yang menyisakan kekecewaan. Hamil kosong terjadi saat sel telur telah menempel pada dinding rahim, namun embrio tidak berkembang menjadi janin. Kasus semacam ini di Indonesia mencapai 150.000 kehamilan per tahun.

Wanita yang mengalami https://lifestyle.solopos.com/">hamil kosong mungkin akan bingung sekaligus kecewa. Sebab, tanda-tanda hamil pada trimester pertama mulai dari morning sickness, terlambat menstruasi, serta payudara membesar tetap dirasakan. Bahkan, plasenta telah terbentuk dan hormon kehamilan ikut muncul.

Dikutip American Pregnancy, Jumat (12/7/2019), https://lifestyle.solopos.com/">hamil kosong terjadi karena terjadi abnormalitas kromoson pada fetus si ibu. Hal ini secara alami menyebabkan kehamilan tidak berlanjut. Abnormalitas kromoson ini seperti pembelahan sel yang aneh atau kualitas sperma dan sel telur yang rendah.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya si ibu tidak terlalu menyalahkan diri. Sebab, hamil kosong tidak bisa dicegah, alias terjadi secara alami. Lantas, apa saja tanda hamil kosong? Simak ulasan yang dihimpun dari https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-dan-tanda-tanda-hamil-kosong">SehatQ berikut:

Hasil tes kehamilan positif

Hamil kosong bisa saja terjadi meski hasil tes kehamilan positif. Hasil tersebut dipengaruhi hormon kehamilan yang tetap dari plasenta meski embrionya tidak ada.

Nyeri payudara

Nyeri payudara juga menjadi salah satu tanda hamil kosong. Banyak orang mengira nyeri payudara adalah suatu hal yang normal. Padahal, nyeri payudara tidak selalu menjadi tanda dari kondisi kehamilan yang sehat.

Telat menstruasi

Terlambat menstruasi memang menjadi salah satu tanda kehamilan. Apalagi jika hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif. Namun, kenyataannya tidak selalu demikian. Bisa saja yang terjadi adalah hamil kosong yang memang sulit dideteksi.

Mual dan muntah

Mual dan muntah menjadi tanda paling umum dari kehamilan, termasuk hamil kosong. Seorang wanita bisa saja merasa mual dan terus muntah-muntah tanpa sebab. Tapi, ternyata kondisi ini bukan hanya tanda kehamilan yang sehat, melainkan juga hamil kosong.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten