SOLOPOS.COM - Seorang warga melintas di sekitar Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/11/2010) (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Seorang warga melintas di sekitar Taman Pancasila Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/11/2010) (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Revitalisasi Taman Pancasila di Karanganyar tahap I ditargetkan rampung pada pertengahan Desember 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemkab Karanganyar menggelontorkan anggaran yang berasal dari APBD senilai Rp750 juta untuk membiayai proyek revitalisasi taman tersebut.

Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan DKP Karanganyar, Sigit Setyawan, mengatakan proyek revitalisasi tersebut telah dimulai pekan ini. Proyek revitalisasi taman dikerjakan selama 140 hari hingga 14 Desember 2012.

“Sekarang proyeknya sudah dimulai, targetnya pertengahan Desember sudah kelar,” katanya saat ditemui Solopos.com, Rabu (7/11/2012).

Rencananya taman tersebut bakal diubah menjadi ruang public space yang dimanfaatkan masyarakat umum. Patung yang terdapat di taman tersebut bakal direnovasi. Selain itu, fasilitas umum (fasum) lainnya seperti Mandi Cuci Kakus (MCK) juga bakal direnovasi.

Setelah revitalisasi taman tahap I kelar, maka Pemkab bakal melanjutkan dengan mengerjakan revitalisasi tahap II. Anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi tahap II sekitar Rp1 miliar. Dana tersebut untuk membangun ruang khusus untuk para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekeliling taman.  “Yang jelas revitalisasi tahap II dikerjakan 2013 mendatang yang diprioritaskan pembangunan ruang para PKL,” paparnya.

Para PKL dilarang berjualan di Taman Pancasila karena menjadi salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Karanganyar. Pihaknya tetap akan menyediakan ruang khusus bagi para PKL di sekitar trotoar yang mengelilingi taman.

Disinggung mengenai lokasi darurat, pihaknya merelokasi para PKL yang biasanya berdagang di sekitar taman ke bagian barat atau depan Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar selama pengerjaan proyek revitalisasi. “

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya