SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KLATEN — Revitalisasi Pasar Cawas, Klaten diperkirakan akan selesai 15 Desember mendatang. Saat ini, proses pembangunan telah mencapai 72 persen.

Pengawas proyek revitalisasi pasar, dari PT Karya Bisa, Trisno Widodo, menyebutkan proses pembangunan fisik untuk pasar tersebut sudah hampir selesai. Dia menuturkan setidaknya pada pekan depan seluruh pekerjaan fisik dapat terselesaikan. Pembangunan fisik yang ia maksud adalah pembangunan sekat-sekat los, pembangunan kios dan pemberian atap pada pasar tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini kita pekerja kita lebih banyak tukangnya dibandingkan dengan kulinya, hal ini dimaksudkan agar pasar dapat terselesaikan pada waktunya,” katanya saat ditemui Solopos.com, Sabtu (17/11/2012). Menurutnya penambahan tukang itu dimaksudkan untuk finishing, seperti proses pengecatan tembok maupun pemberian keramik pada los-los pasar.

Pengawas lain, Herman, menuturkan proses finishing tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama karena pengerjaanya hanya bisa dilakukan oleh tukang yang ahli. Selain itu pekerjaan dalam finishing, itu tidak teralu terlihat seperti pembangunan fisik.

“Finishing itu pekerjaannya rumit dan terlihat sepele, tapi justru itu yang paling penting, tanpa proses finishing, keindahan dan kerapian pasar tidak akan terlihat,” katanya.

Herman menambahkan proses finishing itu akan dipercepat karena direncanakan beberapa pekan ke depan, pasar itu akan dipakai untuk sosialisasi dari Bupati Klaten bagi para pedagang. Sosialisasi itu terkait dengan posisi los dan kios yang akan dipakai oleh para pedagang setelah revitaslisasi selesai.

Biaya untuk revitalisasi pasar tersebut mencapai sekitar Rp8,4 miliar. Pasar itu rencanannya mampu menampung 700 pedagang. Dari jumlah itu, 537 pedagang menempati los, 112 menempati kios dan di bagian tengah bisa menampung lebih dari 200 pedagang oprokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya