SOLOPOS.COM - Ilustrasi BBM bersubsidi (JIBI/Solopos)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO — PT Pertamina Jateng-DIY siap menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di wilayah Solo sebesar 10% untuk premium dan solar 5% dari rata-rata konsumsi bulanan, pada Desember ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penambahan pasokan, menurut Assistant Manager External Relations PT Pertamina Jateng DIY, Heppy Wulansari, dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi selama Natal dan Tahun Baru. Bahkan, menurut dia, tiga hari terakhir ini konsumsi sudah mulai meningkat karena berbarengan dengan libur sekolah. Peningkatan konsumsi BBM bersubsidi tercatat sudah mencapai 3% dari kebutuhan normal.

Heppy mengatakan, rata-rata konsumsi premium di Kota Solo berkisar 8.245,6 kiloliter dan konsumsi solar rata-rata 2.725,8 kiloliter. “Dari rata-rata konsumsi tersebut, nantinya untuk premium akan ditambah 10% dan solar 5%,” kata Heppy, kepada Solopos.com, Kamis (20/12/2012).

Dia mengatakan, penambahan ini diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat, mengingat pada Natal dan Tahun Baru 2011 peningkatannya hanya 4% untuk premium dan solar 3%.

Lebih lanjut Heppy menyampaikan, selain melakukan penambahan pasokan PT Pertamina juga menginstruksikan kepada semua terminal BBM untuk menambah waktu pelayanan kepada SPBU.

“Sehingga untuk saat ini penyaluran masih cukup aman dan sisa kuota diperkirakan bisa mencukupi hingga akhir tahun. Untuk itu masyarakat diimbau untuk tidak panic buying dan tetap membeli BBM sesuai kebutuhan,” lanjut Heppy.

Sementara itu, mengenai konsumsi BBM bersubsidi di wilayah Jateng-DIY, dia mengatakan rata-rata konsumsi premium per bulan mencapai 250.700 kiloliter. Desember ini, pasokannya akan ditingkatkan menjadi 275.770 kiloliter. Kemudian, untuk solar rata-rata konsumsi berkisar 150.298 kiloliter per bulan, sehingga pada Desember ini akan dipasok sebanyak 158.282 kiloliter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya