Desember 2020, Underpass Transito Solo Bisa Dilewati
Desain Underpass Transito Solo. (Instagram/@binamarga_solo)

Solopos.com, SOLO – Tahap pengerjaan proyek underpass Jl Transito, Laweyan, Solo, telah mencapai 40%. Rencananya, Desember tahun ini underpass yang menghubungkan wilayah Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo itu sudah bisa dilalui.

Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Joko Supriyanto, mengatakan gambaran awal underpass itu telah diunggah di akun Instagram Bina Marga DPUPR Solo.

Cerita Edi Susanto Waktu Kecil Digendong Mbah Minto Klaten, Kini Jadi Ajudan Pribadi

Sejauh ini, pengerjaan underpass di Jl Transito Solo itu telah berjalan lebih dari 40%. Para pekerja tengah mengecor lantai dan dinding terowongan.

"Pekerjaan krusial sudah terlalui yakni pembuatan kanal terowongan di bawah rel itu. Sekarang tinggal konstruksi kanal, melubangi bawah rel itu memerlukan tingkat ketelitian tinggi. Apalagi, pekerjaan ini disupervisi langsung oleh PT. KAI karena berhubungan dengan perjalanan kereta api," ujar Joko.

Tikus Pithi Pengusung Bajo di Pilkada Solo 2020 Bantah Kerajaan Uka-Uka

Menurutnya, pada September mendatang pengerjaan tahap pertama sudah diselesaikan. Ia menargetkan Desember 2020 underpass itu sudah bisa dioperasionalkan.

Sementara itu, dalam contoh gambar desain underpass Transito Solo ada gambar tangga bagi pejalan kaki. Menurutnya, fasilitas itu berdasarkan hasil survei petugas dikarenakan banyak pejalan kaki yang melintas di perlintasan sebidang itu.

Ngerasa Tidurnya Diganggu, Anak Hajar Ibu hingga Tak Bernyawa

Dia menambahkan underpass itu akan dilengkapi trototar atau pedestarian bagi pejalan kaki. Nantinya underpass Transito itu mengurangi beban underpass Makamhaji lantaran posisinya membagi batas wilayah Solo dan Sukoharjo.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom