Ibu Negara Iriana Jokowi (tengah) bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kanan) dan Ibu Wuri Estu Handayani Ma'ruf Amin berfoto bersama di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Antara-Muhammad Adimaja)

Solopos.com, SOLO -- Istri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Iriana Jokowi tampak anggun dengan baju kurung saat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Lengkap dengan jarit dan selendang batik warna sogan. Disusul tatanan rambut dengan gelung sederhana sebagai penyempurna tampilannya. Busana apik Ibu Negara tak lepas dari tangan dingin desainer kenamaan Solo, Tuty Adib.

Desainer modest wear yang malang melintang di panggung fashion dunia ini kembali dipercaya untuk mempercantik Iriana di momen bersejarah tersebut. “Beliau menginginkan didesainkan baju kurung untuk dikenakan saat pelantikan. Warna putih,” terangnya saat diwawancara, Minggu (20/10/2019).

Baju kurung putih tersebut, kata Tuty, menggunakan bahan utama silk organdi. Keunikannya adalah menggunakan brocade tipis sebagai furing sehingga tampak sangat indah, seperti transparan dari luar.

Untuk mempermanis tampilan, ia memberi tambahan detail bordir dan tempelan brocade pada bagian dada. “Karena putih biar tidak terlalu polos saya beri detail bordiran dan tempelan brocade di bagian dada. Ujung lengan ada detail bordiran brocade. Look-nya simpel, feminin, elegan tapi terlihat berkelas,” tambahnya.

Ini bukanlah kali pertama Tuty merancang busana untuk keluarga Istana. Desainer yang baru pulang dari panggung fashion show bergengsi ASC New York Fashion Week 2019 ini sering dipercaya merancang busana untuk keluarga Istana. Salah satunya saat mantu Kahiyang Ayu pada 2017 silam.

Sementara itu, dikutip dari berita Antara, untuk motif batik selendang dan jarit, Iriana memilih tambal pamiluto. Corak tersebut merupakan khas Pura Mangkunegaran Solo yang menjadi simbol persatuan. Presiden Jokowi pernah mengenakannya saat perayaan Hari Batik Nasional di Solo awal Oktober lalu.

Busana yang dikenakan Iriana saat pelantikan berbeda dengan yang digunakan ketika menyambut tamu negara di Istana Merdeka. Saat itu, dia mengenakan busana berkerah cheongsam dengan detail bunga aneka warna di bagian depan. Lengkap dengan selendang di pundaknya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten