SOLOPOS.COM - Desainer Retno Tan (kedua dari kiri)bersama model saat memeragakan karyanya yang bertajuk Pelangi Samudra saat fashion show di Jogja Fashion Week (JFW) beberapa waktu lalu.

Desainer Solo, Retno Tan mendedikasikan karyanya untuk membantu menyelamatkan lingkungan.

Solopos.com, SOLO--Resmi terpilih sebagai salah satu penampil dalam Feeric Fashion Week, di Sibiu, Rumania, desainer sekaligus penari Retno Tan asal Solo, bakal membawakan lagi Pelangi Samudera. Tak sekadar rancangan busana, Pelangi Samudera merupakan kemasan karya kontemporer multidisiplin fashion design, dance, seni dan olahraga. Karya itu berangkat dari permasalahan limbah dan pencemaran lingkungan laut, khususnya tentang terumbu karang di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat berbincang dengan Solopos.com belum lama ini, Retno mengatakan ide ini muncul saat ia melakukan kegiatan di bawah laut beberapa tahun lalu. Di satu area ia menemukan pemandangan bawah laut yang indah, tapi saat melakukan kegiatan di area lain banyak sampah-sampah merusak lingkungan. Sehingga muncul ide penyelamatan lingkungan melalui art fashion tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Retno menyebutkan konsep kekaryaannya 75% dirancang dari daur ulang sampah anorganik seperti spon bra, senar bekas, sedotan, plastik, dan botol minuman.

Barang-barang tak terpakai tersebut ia aplikasikan ke dalam beberapa dress dengan siluet simple, artistik, feminin, dan fresh. Terinspirasi dari Biota dan warna dalam laut, belasan desainnya yang akan dipamerkan nanti dianggap sebagai representasi kehidupan urban zaman sekarang.

Perkembangan industri meningkat pesat namun di sisi lain berdampak besar terhadap pertumbuhan sampah lingkungan. “Ini juga sebagai bentuk keprihatinan atas pencemaran lingkungan alam,” kata dia.

Di sisi lain, untuk memberi dukungan kepada Retno Tan, akan digelar pergelaran sebagai bagian dari program Pelangi Samudera Art Collaboration Fundraising. Program ini dibentuk untuk menggalang dana dan memberi dukungan spirit kepada sang desainer. Selaras dengan konsep awalnya, sebagian hasil acara akan disumbangkan untuk penyelamatan coral di Indonesia.

Tak Retno bakal mengajak dua putra Papua dan satu penari Jawa sebagai simbol keragaman Indonesia. Pra event kegiatan ini akan digelar Sabtu (8/7/2017) di Taman Hutan Lemah Putih, Karanganyar. Serangkaian acara tersebut diramaikan dengan fashion show, performing artarchery and creative workout, hingga authentic Surakarta culinary. Dalam acara ini Retno Tan akan berkolaborasi dengan Galih Naga Seno Indonesia, Estefania Pivano Venezuela, dan mengundang Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya