SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Desainer asal Karanganyar, Yanuar Pribadi, kembali dipercaya menggarap busana tradisional untuk finalis kontes kecantikan. Dia diminta membuat busana daerah untuk Finalis Puteri Indonesia DKI Jakarta 2, Agatha Aurelia. Sebelum ini, tangan dinginnya pernah membawa Puteri Indonesia 2012, Maria Selena, masuk 10 Best National Costume dalam ajang Miss Universe.

Kostum bertema budaya Betawi yang didominasi warna merah maroon tersebut dicoba oleh Agatha untuk kali pertama di kediaman saudaranya daerah Banjarsari, Solo, belum lama ini. Yanuar mengatakan busana tersebut mengusung tema Tari Topeng khas Betawi. Keindahan kostum Tari Topeng ia garap ulang menjadi rancangan yang terlihat lebih semarak dan mewah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yanuar menggunakan kain jaguar sebagai bahan utama. Ditambahi beberapa bahan lain seperti batik Jakarta, renda-renda, serta beberapa aksesoris menyolok yang mirip dengan ornamen ondel-ondel. Untuk menunjukkan kemewahan, beberapa bagian seperti mahkota ditempeli permata imitasi. Busana yang bakal dikenakan pada sesi pakaian tradisional tersebut juga dilengkapi dengan ukiran dan topeng khas Ibukota.

Ini merupakan pertemuan pertama Yanuar dengan Agatha. Sebelumnya mereka berdiskusi via telepon atau media sosial. “Biasanya komunikasi hanya via telepon. Ya aku membuat sesuai dengan konsep yang disampaikan Agatha. Sembari riset tentang Tari Topeng Jakarta itu seperti apa,” kata dia.

Agatha mengatakan kostum sesuai dengan harapannya. Menunjukkan sisi keindahan tari topeng Ibukota. Tema tersebut dipilih karena sangat dekat dengan Agatha yang kebetulan saat ini sedang concern belajar tari tradisi. Sementara, untuk pilihan desainer ia sengaja menggandeng Yanuar karena memiliki track record yang cukup bagus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya