Desain Rumah Berubah Seiring Pandemi Covid-19

Menurut arsitek Cosmas Gozali, pemilik hunian menemukan keberadaan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sangat penting. Apalagi fungsi rumah lebih dari sekadar tempat tidur atau penyimpanan barang.

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA -- Pandemi corona tak hanya berdampak pada perekonomian. Sektor properti, khususnya desain rumah juga mengalami perubahan.

PromosiPembangunan Kawasan Inti Ibu Kota Baru Masih Menunggu Alokasi Biaya

Pandemi menyebabkan sebagian orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Hal ini menyadarkan banyak pemilik rumah tentang pentingnya desain rumah.

Menurut arsitek Cosmas Gozali, pemilik hunian menemukan keberadaan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sangat penting. Apalagi fungsi rumah lebih dari sekadar tempat tidur atau penyimpanan barang.

Gibran Cawali Pilkada Solo Diserang, Pendukung Pasang Badan

"Kita tahu, bahkan saat virus merebak, aliran udara alami akan memperlambat perkembangan virus. Sementara itu sinar matahari juga dapat membunuh bakteri," ujarnya pada kesempatan diskusi yang ditayangkan secara langsung melalui akun Instagram, Bisnis Indonesia, Rabu (3/6/2020).

Pandemi virus corona diperkirakan mengubah perilaku dan kebutuhan hunian. Baik desain rumah untuk bangunan eksisting maupun yang akan dibangun di masa depan.

Cosmas mengutarakan sebelumnya orang Indonesia cenderung membangun rumah yang tertutup dari berbagai sudut. Alasannya beragam. Ada yang tidak ingin udara panas masuk ke rumah. Atau merasa bukaan yang terlalu lebar sehingga merasa terlalu terekspos.

Buka Tawangmangu, Bupati Karanganyar Pakai Kearifan Lokal

Hemat Energi

Padahal, kata dia, bukaan pada bangunan hunian, terlebih untuk bangunan berukuran kecil, akan menjadi sumber udara dan pencahayaan alami.

Selain hemat energi, cross ventilation atau ventilasi silang dapat diterapkan untuk memperlancar pergantian udara. Hal ini menjadi aspek penting desain rumah di tengah pandemi saat ini.

Ke depan, Cosmas memperkirakan kebutuhan ruang terbuka akan semakin meningkat. Meskipun dengan keterbatasan lahan, desain rumah harus dibentuk senyaman mungkin dan mengedepankan protokol kesehatan.

18 Tahun Kerja Di Arab Saudi, TKW Karangmalang Sragen Cuma Digaji Rp3,8 Juta

Dia mengatakan setiap rumah perlu ruang peralihan. Yaitu semacam ruang tamu, agar ketika masuk ke dalam rumah kita tidak serta merta membawa kuman dan virus masuk. Keberadaan ruang peralihan juga dapat digunakan untuk menjaga privasi penghuninya.

"Selain itu, penggunaan ruang atap sebagai teras terbuka mungkin akan semakin banyak dipergunakan. Karena pencahayaan dan udara yang maksimal," katanya.

Dia juga mengingatkan, untuk pemilik hunian yang merasa perlu melakukan renovasi, perubahannya tidak perlu dilakukan secara besar-besaran.

Laudya Cynthia Bella Cerai, Netizen Ungkap Pantangan Dinikahi Orang Malaysia

Poin penting yang perlu diperhatikan dalam desain rumah adalah untuk membuat bukaan-bukaan yang tersedia di dua sisi rumah, memperbesar jendela. Dan jangan terlalu banyak menggunakan sekat agar udara mengalir.

Taman kecil bisa dimanfaatkan sebagai kebun untuk memperbanyak penghijauan. Areanya boleh ditutup untuk menghindari hujan tapi tetap memperhitungkan sirkulasi cahaya dan udara.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Axiata dan XL Axiata Mengambil Alih 66,03% Saham Link Net

Rencana Pengambilalihan ini memperkuat langkah strategis Axiata ke segmen layanan fixed broadband yang selama ini masih terbuka luas.

Alfamart dan Nestlé Ajak UKM Bangkit di Festival UKM Sabang-Merauke

Festival UKM ini merupakan upaya Alfamart dan Nestlé untuk membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Indonesia.

Jarang Dipakai, Mobil-Mobil Milik Warga Eks Miliarder Tuban Rusak

Setelah sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

Ini Dia 5 Inspirasi Model atasan Batik Kekinian

Jika Anda masih bingung memilih baju atasan yang bagus, Anda bisa simak 5 inspirasi model atasan batik kekinian berikut ini

Pentingnya Pengembangan Model-Model Bisnis demi Optimalkan Investasi

Optimisme sektor industri terus terlihat pada Triwulan IV tahun 2021 dengan kembalinya PMI Manufaktur di level ekspansif dengan capaian 53,5.

Rekomendasi Tempat Wisata Air di Kuta yang Wajib Dikunjungi!

Untuk pemilihan akomodasi mulai dari hotel, hingga resort Anda bisa percayakan pada situs booking hotel terbaik yaitu Traveloka.

Sinergi BRI dengan KAI, Kelola Dana Lewat Fasilitas Notional Pooling

PT BRI Persero Tbk. memperluas dan mengembangkan layanan perbankan dengan sinergi perusahaan BUMN lain lewat fasilitas Notional Pooling.

Anjlok Nih! Cek Yuk Harga Emas Pegadaian, Jumat 28 Januari 2021

Geliat harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Jumat (28/1/2022) ini terpantau turun untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Miliader Kini Bangkrut, Warga Tuban Tak Dibekali Cara Mengelola Uang?

Sempat menjadi 'crazy rich', warga Tuban kini dikabarkan bangkrut karena dana hasil ganti untung pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban telah habis.

Para Eks Miliarder Tuban Demo Minta Pekerjaan, Ini Tanggapan Pertamina

Setelah sempat menjadi miliarder karena mendapatkan ganti untung lahan, sejumlah warga di Tuban kini dikabarkan menuntut untuk mendapatkan pekerjaan dalam proyek itu.

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

Utang RI Paling Terkendali, Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit fiskal dan utang Indonesia selama pandemi termasuk yang paling terkendali dan produktif.

Demi Fokus ke Lima Unit Bisnis, Unilever akan PHK 1.500 Karyawan

Unilever akan merampingkan model usahanya menjadi 5 unit bisnis. Hal ini berimbas pada pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 karyawan secara global.