SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BANDUNG – Netizen baru-baru ini digemparkan dengan beredarnya video seorang pendakwah yang tengah membahas masjid rancangan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Akun @Surgabidadari3 yang membagikan video tersebut menulis, “Inilah masjid yang dirancang oleh RK, penuh dengan pesan Iluminati. Jangan salah, ini bukan kebetulan lhoo…”

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mulanya pendakwah dalam video tersebut menceritakan pengalamannya saat berencana untuk beribadah di Masjid Al Safar yang berada di rest area KM 88 B Tol Cipularang, Jawa Barat. Namun ia terkejut setelah melihat desainnya. “Kok mesjidnya kayak gini? Istri saya tahan, ‘Mi, jangan dulu sholat,’ anak saya pun saya tahan,” terang pendakwah tersebut.

Saat mengamati lebih dalam bentuk masjid itu dan sempat mendokumentasikannya, ia merasakan nuansa yang sarat dengan muatan segitiga. “Ada segitiga yang ke atas ada segitiga yang ke bawah,” ujarnya.

Tidak hanya mendapati simbol segitiga, ia juga menemukan keberadaan satu mata. “Terasa tidak? Halus. . .” jelas pendakwah tersebut kepada audiensnya. Sontak video yang dibagikan pada Kamis (30/5/2019) pukul 01.53 dini hari ini menuai beragam komentar dari warganet.

Misalnya, seperti akun @thefactone yang menerangkan makna simbol segitiga. Ia menilai bahwa segitiga tidak selalu harus dikaitkan dengan Iluminati yang merujuk pada nama kelompok yang sering diasosiasikan dengan teori konspirasi. Lebih dari itu, ia menilai bahwa segitiga memiliki banyak arti.

“Segitiga geometri paling stabil, kuat di struktur, ada makna lain yaitu keseimbangan. Apakah geometri Islam enggak ada segitiga? Pasti ada. Selama ibadah hatinya ke Allah, ya mau di mana aja tujuannya ke Allah,” terang @thefactone.

Ada juga warganet yang menyentil video viral tersebut dengan menyatakan bahwa simbol Iluminati ternyata sudah meresap dalam praktik kehidupan sehari-hari.

Kemudian ada akun @Ridu yang ikut bertanya, “Apa betul logo FPI juga penuh pesan Iluminati?”

Lalu ada akun @mamaciaaa yang menebak-nebak alasan pembahasan masjid yang penuh dengan pesan iluminati. “Apakah ini adalah bagian dari misi kalian agar umat Islam meninggalkan masjid dan beralih sholat di monas dan jalanan? Jangan-jangan kalianlah bagian dari Iluminati,” jelasnya.



Hingga ada seorang warganet yang akhirnya bertanya kepada akun Instagram pribadi orang nomor satu di Jawa Barat tersebut. “Ada video soal masjid yang Kang RK bangun berkaitan dengan simbol-simbol segitiga, saya non-muslim tapi kok ikut miris melihat cara-cara provokasi tersebut. Mohong segera klarifikasi, kang,” tulis akun @ngrhsaka.

Ridwan Kamil lantas menjawab pertanyaan tersebut. Ia menerangkan sebenarnya polemik pembahasan mengenai simbol di Masjid Al Safar sudah sejak tahun lalu berkaitan dengan serangan politik saat Pilgub. “Sudah dijelaskan dari tahun lalu, saat hal ini djiadikan serangan politik saat Pilgub. Masa harus berulang kali,” tulisnya di kolom komentar @ridwankamil.

Di akun Instagram resminya, Ridwan Kamil juga menulis panjang lebar menanggapi “bola panas” yang terlanjur menyebar di jejaring sosial itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya