SOLOPOS.COM - Ilustrasi duduk terlalu lama di meja kerja (Active.com)

Desain interior kali ini untuk menata ruang kerja.

Harianjogja.com, JOGJA-Bagi seorang karyawan, kantor merupakan rumah kedua. Di kantorlah seorang karyawan dituntut untuk kreatif dan menelurkan ide-ide cemerlangnya. Penataan ruang kantor sangat penting, karena dengan ruangan yang nyaman akan berpengaruh pada suasana hati sekaligus produktifitas kerja.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seorang karyawan atau pegawai menghabiskan banyak waktunya di dalam kantor. Di dalam kantor juga mereka dituntut untuk produktif menghasilkan karya terbaik untuk perusahaan. Namun tidak jarang, rasa jenuh muncul, alhasil pekerjaan yang seharusnya selesai menjadi terasa lebih berat, dengan kata lain kinerja terganggu.

Ada banyak kantor-kantor yang sudah menerapkan penataan ruangannya sedemikian rupa sehingga membuat para karyawannya nyaman. Namun ada pula perusahaan yang kurang memperhatikan hal ini. Meskipun terkadang dipandang sebelah mata, penataan ruang kerja memang sangat penting, hal ini berpengaruh pada suasana hati dan produktivitas kinerja.

Dalam penataan ruang kerja, sebenarnya tidak ada aturan baku mengingat kebutuhan karyawan dalam sebuah kantor tidaklah sama. Ada perusahaan yang mendesain ruang kerja para karyawannya dengan sangat formal, atau justru sebaliknya, perusahaan mendesain ruang kerja karyawannya dengan nuansa ala café. Penataan ruang kerja ala café mungkin kurang lazim, namun hal ini tidaklah salah mungkin dengan pertimbangan ini kinerja para karyawan menjadi lebih produktif.

Penata desain interior, Dian Oktavia menjelaskan hal yang patut diperhatikan dalam penataan ruang kerja ialah sirkulasi udara dan juga penerangan. Dua hal tersebut, menurut dia, wajib diperhatikan untuk mendukung kenyamanan bekerja. “Perhatikan soal kenyamanan ruangan, misalnya tentang pencahayaan dan juga sirkulasi udara agar ruangan terkesan lega dan membuat suasana jadi lebih baik,” katanya.

Prinsip utama dalam penataan ruang kantor ialah menciptakan kenyamanan. Misalnya dengan meminimalisir kebisingan. Kebisingan dari luar ruangan kantor mungkin bisa diredam dengan penataan ruangan tertutup yang kedap udara. Namun penataan ruangan juga perlu diperhatikan supaya penghuni kantor terbebas dari kebisingan lalu lalang pegawai lainnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan ialah pemilihan furnitur. Furnitur yang nyaman, meja kursi dan perabotannya lain yang sesuai dengan kebutuhan tentu akan memberikan kenyamanan penggunanya.

Sebuah kantor biasanya memiliki beberapa bagian ruangan. Misalnya ruang rapat, ruang kerja dan ruang lobi. Masing-masing ruangan memiliki cara tersendiri dalam melakukan penataan. Misalnya dalam menata ruang rapat, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah menyesuaikan berapa banyak orang yang akan dilibatkan dalam rapat tersebut.

Penataan meja dan kursi ruang rapat juga sangat beragam, misalnya membariskan kursi-kursi dan mengfokuskannya ke depan, penataan ini tepat digunakan jika kegiatan rapat tidak mengharuskan pesertanya untuk menulis. Membariskan kursi dan meja selayaknya di dalam ruangan kelas sekolah. Penataan jenis ini lebih tepat digunakan untuk kegiatan rapat yang relatif lama, meja di depan kursi bisa digunanakan untuk meletakkan buku, laptop dan juga makanan dan minuman ataupun menambah kenyamanan.

Untuk kebutuhan presentasi anggota rapat dengan jumlah yang tidak terlalu banyak penataan ruang rapat dengan bentuk huruf U cocok dipilih. Penataan ini memudahkan sesama angota rapat melakukan interaksi satu sama lain. Umumnya penataan semacam ini ditambahkan proyektor dan speaker.

Sebaliknya, jika rapat mengundang beberapa divisi dari perusahaan tersebut sebaiknya menggunakan penataan model rongga. Menempatkan meja dan kursi secara melingkar atau persegi dan memberikan rongga di tengah antara meja tersebut.

Untuk melakukan diskusi dengan lebih mendalam, membutuhkan interaksi anggota rapat dengan lebih baik, penataan dengan model konferensi akan lebih cocok. Letakkan meja persegi panjang di tengah lalu di kelilingi kursi. Lalu, untuk kebutuhan rapat yang melibatkan sedikit orang, dengan suasana yang rileks dapat menata ruang rapat dengan satu meja lingkaran kecil dan dikelilingi kursi.

Ruang Kerja di Rumah
Menyusul perkembangan dunia online, bekerja di rumah semakin banyak dilakukan. Dengan bekerja di rumah mungkin hasilnya akan lebih maksimal karena kita merasa lebih nyaman. Namun ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan saat kita hendak menata ruang kerja di rumah.

Prinsip pertama ialah perhatikan pemilihan letak meja kerja Anda, pilihlah lokasi yang sekiranya tidak mengganggu maupun diganggu oleh anggota keluarga lain. Tidak selalu membutuhkan ruangan besar, dengan ruangan yang jarang dipakai bisa diubah menjadi ruang kerja Anda.

Cukup meletakkan meja untuk laptop/komputer dan kursi serla beberapa file yang diperlukan serta penerangan yang baik. Jika ruangan tersedia cukup, menambahkan rak buku dan beberapa hiasan meja juga akan menambah kenyamanan.

Dian memberikan tips, untuk menata ruang kerja di rumah yangmemerlukan penerangan khusus. Misalnya, ruang kerja tersebut menyatu dengan ruang lain sebaiknya pada meja kerja diberikan lampu duduk yang berfungsi khusus untuk menerangi saat bekerja apalagi saat malam hari.

“Untuk penerangan di dalam ruang kerja rumah sebaiknya dilengkapi dengan lampu duduk. Hal ini penting apalagi jika kita sering menggunakan ruangan tersebut saat malam hari,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya