Seorang perangkat desa mengecek lahan yang akan dibangun kolam renang di belakang Kantor Kepala Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, Selasa (17/9/2019). (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Desa Waru, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar, berencana membangun kolam renang yang kelak bisa dimanfaatkan oleh warga setempat. Kolam renang diproyeksikan untuk unit usaha BUM Desa.

Pembangunan kolam renang merupakan proyek multiyears pemerintah desa setempat. Kepala Desa Waru, Sularto, menjelaskan tahap awal pembangunan akan menggunakan anggaran sebanyak Rp500 juta.

“Banyak warga yang memiliki hobi berenang. Mereka biasa berenang ke Edupark Intan Pari. Di sini juga berdekatan dengan sejumlah sekolah sehingga muncul gagasan untuk membangun kolam renang yang bisa dimanfaatkan warga serta instansi pendidikan,” ujarnya, Selasa (17/9/2019).

Sularto menjelaskan membangun wisata air akan menjadi potensi desa yang akan dikelola BUM Desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Kolam renang akan dibangun di tanah kas desa, tepatnya di belakang Kantor Kepala Desa Waru yang memiliki luas kira-kira dua hektare.

“Proyek kolam renang membutuhkan dana yang besar. Karena kami akan membangun fasilitas pendukung. Misalnya tempat bermain anak dan kuliner,” ujarnya.

Dia menjelaskan Pemerintah Desa Waru sedang melakukan pembangunan sumur dan tampungan air untuk memenuhi kebutuhan kolam kelak.

Pembangunan sumur menghabiskan dana Rp110 juta dari dana desa 2019 sebanyak Rp956.189.000.  (Wahyu Prakoso)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten