Tutup Iklan

Desa Srigading Bantul Perbolehkan Hajatan, Tapi Hanya 50 Orang Tamu

Desa Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, DIY menerapkan aturan tertentu untuk mencegah persebaran Covid-19 dari klaster hajatan, yakni membatasi 50 orang tamu.

 Ilustrasi hajatan. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hajatan. (Antara)

Solopos.com, BANTUL — Desa Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menerapkan aturan tertentu untuk mencegah persebaran Covid-19 dari klaster hajatan.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyampaikan itu saat menghadiri kegiatan di Desa Srigading, Jumat (22/10/2021). Sri Sultan menyampaikan Desa Srigading menerapkan peraturan untuk mencegah persebaran Covid-19 dari klaster hajatan.

Baca Juga : Panel Ahli WHO Sebut Pemerintah Tak Bijak Penumpang Wajib PCR, Kenapa?

“Maksimal tamu yang diperbolehkan hanya 50 orang. Itu pun harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Tuan rumah tidak boleh menyajikan hidangan di tempat,” kata Sri Sultan seperti dilansir dari website Pemerintah Kabupaten Bantul, Senin (25/10/2021).

Sri Sultan mengapresiasi kebijakan yang diambil desa tersebut saat pemerintah memberikan kelonggaran penyelenggaraan kegiatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Pada kesempatan itu, gubernur menyampaikan capaian vaksinasi Covid-19 di DIY mencapai 91,15 persen untuk dosis pertama dan 66,49 persen untuk dosis kedua.

Selain vaksinasi Covid-19, gubernur juga menuturkan perihal penerimaan bantuan sosial (bansos). Sri Sultan menyampaikan penerimaan bansos di DIY mencapai 91,37 persen. “Patut diapresiasi bahwa di Desa Srigading ini dalam penerimaan bansos tidak dibebani potongan apapun. Hal ini mencerminkan counterculture di tengah masyarakat,” ungkap dia.

Baca Juga : Jika Kondisi Darurat, Wonogiri Aktifkan Lagi Tempat Isoter

Pada kesempatan itu, gubernur bersama Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menerima kunjungan Danlantamal V Surabaya, Laksamana Pertama Yoos Suyono Hadi di Desa Srigading, Kapanewon Sanden. Kegiatan tersebut dalam rangka vaksinasi Covid-19 dan bakti sosial memperingati HUT ke-76 TNI. Selain itu kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian 33 tahun TNI/Polri AKABRI ‘89.

Dalam kegiatan tersebut dibagikan 1.000 paket sembako dan 1.000 dosis vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Kapanewon Sanden. Dalam sambutannya, Danlantamal V mengatakan kegiatan bakti sosial dan vaksinasi Covid-19 itu diharapan dapat meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19. “Sebagai wujud pengabdian AKABRI kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” tutur dia.

Baca Juga : Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Gubernur DIY mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI dan Polri atas kegiatan bakti sosial dan vaksinasi Covid-19 tersebut.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Kulonprogo Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Ini Dasarnya

Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kulonprogo menetapkan status tanggap darurat bencana hidrometeorologi di wilayahnya menyusul banyaknya kejadian bencana tanah longsor.

Penyu Ditemukan di Pantai Selatan Kulonprogo, Dicek Tim SAR Sudah Mati

Warga di pesisir pantai selatan Kulonprogo kembali menemukan penyu. Penyu tersebut tak bisa diselamatkan dan dikubur di pinggri pantai.

Gegara Beri Manusia Silver Rp1.000, 3 Warga Sleman Didenda Rp50.000

Tiga warga Sleman itu tertangkap basah oleh Satpol PP DIY memberikan uang kepada manusia silver di simpang tiga jalan raya Solo-Jogja.

OP Minyak Goreng Belum Mampu Tekan Kenaikan Harga

Harga minyak goreng di Kabupaten Sleman saat ini dijual antara Rp19.000-Rp19.500 per liter.

Syiar Islam, 489 Peserta Ikuti MTQ 2021 Kota Jogja

Sebanyak 489 peserta berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Jogja.

Joss! Guru Honorer di Kota Jogja Digaji Sesuai UMP

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga atau Disdikpora Kota Jogja memastikan gaji guru tidak tetap atau honorer di wilayahnya setara dengan UMP DIY.

Tambah Tiga, Peserta Didik di Jogja Positif Covid-19 Jadi Tujuh

Kasus positif Covid-19 pada peserta didik yang menjalani PTM di Kota Jogja bertambah tiga orang, sehingga menjadi tujuh orang.

Diundang Pemkot Jogja Terkait Relokasi, PKL Malioboro Merasa Dijebak

Pemkot Jogja dikabarkan bakal merelokasi PKL Malioboro tahun depan. Lokasi baru PKL Malioboro adalah di area eks gedung Dinas Pariwisata DIY tepatnya utara kantor DPRD DIY.

PPKM Level 3 Saat Nataru, Pemkot Jogja Bahas Aturan Malioboro

Pemkot Jogja akan membahas penerapan aturan di Malioboro terkait PPKM level 3 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Siswa SMA SMK Sleman Positif Covid-19 Dirawat di Isoter Jogja

Sebanyak 13 siswa SMA/SMK dari 20 siswa yang terpapar Covid-19 dirawat Isolasi Terpusat (Isoter) Asrama Haji Jogja.

Pemuda Bucin Maling & Jual Perabot Rumah Ortu Demi Traktir Pacar

Seorang pemuda di Bantul, DIY, nekat mencuri dan menjual perabot hingga genting rumah orang tuanya demi membahagiakan pacarnya.

Paman di Kulonprogo Cabuli Keponakan Saat Tidur, Beralasan Khilaf

Seorang paman di Kulonprogo mencabuli keponakannya yang masih di bawah umur saat korban tertidur di rumah pelaku.

Jika Terbukti Bersalah, Sanksi Menanti Pejabat Disdikpora Kulonprogo

Sanksi tegas disiapkan oleh Pemkab Kulonprogo kepada yang pejabat Disdikpora bila terbukti bersalah melakukan tindak korupsi GOR Cangkring.

Bupati Bantul Ingatkan Kolaborasi Tangani Covid-19 saat HKN ke-57

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, mengingatkan kolaborasi tenaga kesehatan dan semua elemen masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bantul.

Waduh! 20 Siswa SMA SMK di Sleman Positif Covid-19

Hasil tracing Dinkes, sebanyak 20 siswa SMA/SMK di empat kapanewon (kecamatan), di Kabupaten Sleman terpapar Covid-19.