Desa Siwal, Sukoharjo, Wisata Sejarah Hingga Melek Teknologi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO – Sebagian besar wilayah Desa Siwal, Kecamatan Baki merupakan lahan pertanian produktif yang memberikan kontribusi terhadap produksi padi di Sukoharjo. Wilayah Desa Siwal, Kecamatan Baki, tak hanya menyimpan kekayaan potensi pertanian melainkan budaya, pemberdayaan masyarakat serta teknologi informasi. Pada awal 2018, warga setempat digegerkan dengan penemuan patung batu berbentuk sapi tanpa kepala yang diduga peninggalan Kerajaan Mataram Hindu.

Benda kuno berbentuk patung sapi dalam kondisi tak utuh itu ditemukan di pekarangan salah satu warga setempat. Patung sapi merupakan perwujudan lembu Andini pada zaman Kerajaan Majapahit. Lembu sakti itu diyakini hewan peliharaan Dewa Siwa. “Dahulu, Desa Siwal masuk wilayah administrasi Keraton Pajang. Bisa jadi, masih ada peninggalan sejarah yang bernilai tinggi terpendam di wilayah Desa Siwal,” kata Kepala Desa Siwal, Hendra Widada, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (23/8/2018).

Hal ini dikuatkan dengan adanya terowongan di pinggir sungai yang menghubungkan wilayah Desa Siwal dengan Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura. Terowongan berdiameter sekitar 1,5 meter itu diperkirakan sepanjang lebih dari satu meter.

Hingga kini, warga setempat tak berani melewati terowongan lantaran kondisi bangunannya rusak dan retak. “Jika memang cagar budaya harus dijaga dan dirawat. Bisa diandalkan sebagai wisata sejarah di Sukoharjo. Pasti ada yang tertarik mengunjungi terutama komunitas pencinta budaya dan sejarah,” ujar dia.

Potensi lainnya adalah program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) untuk mencukup kebutuhan air bersih warga setempat. Kelompok keswadayaan masyarakat telah membangun tower untuk memasok air bersih ke setiap rumah penduduk. Sayangnya, belum semua warga setempat bisa menikmati pasokan air dari Pamsimas lantaran keterbatasan jaringan pipa.

Hendra menambahkan jaringan pipa air Pamsimas di wilayah Desa Siwal sepanjang 4,5 kilometer. “Sekarang berencana membangun satu tower air di sekitar balai desa untuk memasok air bersih kepada pelanggan,” papar dia.

Desa Siwal juga perintis implementasi aplikasi sistem informasi desa (SID) di Kabupaten Jamu. Sumber daya manusia (SDM) yang mempuni serta sarana dan prasarana (sarpras) yang memadai menjadi modal utama mengembangkan teknologi informasi guna mempercepat pembangunan di berbagai aspek kehidupan di perdesaan.   

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kini memiliki generator oksigen secara mandiri yang dipasang dengan anggaran senilai Rp6,4 miliar.

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB

Pencemaran Bengawan Solo, Pelaku Ngaku Buang Ribuan Liter Limbah Ciu Ke Sungai Samin Setiap Hari

Polres Sukoharjo menggelar perkara kasus buang limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo dengan peragaan oleh dua pelaku.