SOLOPOS.COM - Ilustrasi toilet penampung urine. (Dailyrecord.co.uk)

Desa STBM adalah desa yang masyarakatnya sudah menerapkan lima pilar diantaranya stop Buang Air Besar Sembarangan.

Harianjogja.com, SLEMAN- Desa Tridadi Kecamatan Sleman mendeklarasikan diri sebagai desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Deklarasi Desa Tridadi Desa STBM ini dikuatkan oleh SK Camat Sleman Nomor : 80/Kep Camat/2016.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Desa STBM merupakan desa yang masyarakatnya sudah menerapkan lima pilar STBM di antaranya stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan aman, pengolahan sampah rumah tangga, serta pengolahan limbah cair rumah tangga dengan aman.

Bahkan sejumlah masyarakat mulai tokoh masyarakat, kader kesehatan, PKK, karang taruna dan tokoh agama bersedia menjadi Natural Leader. “Mereka secara suka rela menjadi pendamping, pembina dan melakukan monitoring dalam kegiatan penerapan STBM di setiap dusun,” kata Kepala Desa Tridadi Kabul Muji Basuki, Rabu (9/11/2016).

Menurutnya, banyak kegiatan yang dilakukan warga untuk mendukung Tridadi sebagai Desa STBM. Salah satunya, ketika mengelola sampah rumah tangga, warga diharuskan melakukan pemilahan. Lokasi pemilahan sampah berjumlah 17 titik, sesuai jumlah dusun di Desa Tridadi. “Kami memiliki saluran pembuangan air limbah seluas 3.548 meter,” katanya.

Kabul mengatakan, keberhasilan Tridadi menerapkan STBM lima Pilar membuahkan hasil. Salah satunya, menurunnya kasus penyakit berbasis lingkungan seperti DBD dari 14 kasus pada 2014 menjadi 10 kasus pada 2015. Hingga November 2016, jumlah kasus DBD hanya sembilan kasus saja. Untuk penyakit diare, pada 2014 tercatat 79 kasus sementara pada 2015 turun menjadi 56 kasus. Hingga November 2016, jumlahnya hanya 32 kasus.

Bupati Sleman Sri Purnomo menjelaskan, Pemkab mendorong 86 desa menjadi Desa STBM. Sampai saat ini baru 67 desa yang mendeklarasikan Pilar 1 sebagai Desa Stop BABS. Dia berharap, ke 67 desa tersebut segera melaksanakan empat pilar lainnya agar menjadi Desa STBM. “Deklarasi Masyarakat Desa Tridadi sebagai Desa STBM merupakan satu-satunya desa di DIY. Deklarasi ini dapat menginspirasi desa lain untuk mewujudkan Desa STBM,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya