SOLOPOS.COM - Pengunjung berwisata di kolam renang Soko Langit, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Rabu (20/10/2021). (Solopos.com/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, MAGELANG — Desa Conto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng), didapuk sebagai desa wisata terbaik di Jateng tahun 2022 untuk kategori Sapta Pesona dan CHSE (cleanlliness, health, safety, dan environment sustainability).

Predikat tersebut diraih Desa Conto dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 yang berlangsung di Gerbang Gajah, Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang, Sabtu (26/11/2022).

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Total ada 10 desa yang diseleksi untuk meraih predikat terbaik dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022. Ke-10 desa itu dipilih dari 27 desa wisata yang mengikuti ajang apresiasi desa wisata tingkat Jateng ini.

Dari 10 desa wisata tersebut kemudian diseleksi berdasarkan berbagai kategori. Dikutip dari akun Instagram @disporaparjateng, Desa Wisata Conto yang ada di Wonogiri pun memenangi predikat terbaik dalam kategori Sapta Pesona dan CHSE.

Sementara itu, untuk kategori Paket Wisata dimenangi oleh Desa Kandri, Kota Semarang. Kategori Seni dan Budaya diraih Desa Wisata Giyanti, Wonosobo, dan kategori Homestay dan Toilet Bersih dimenangkan oleh Desa Wisata Karangrejo.

Baca juga: Selamat! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

Sedangkan untuk juara pertama Gelar Anungera Desa Wisata Jawa Tengah 2022 diraih Desa Wisata Pekunden, Banyumas. Diikuti Desa Wisata Muncar, Kabupaten Semarang, sebagai juara kedua dan Desa Wisata Sambongrejo, Blora, sebagai juara ketiga.

Sementara untuk juara harapan pertama diraih Desa Wisata Sidowarno Klaten, disusul Desa Wisata Dawuhan Banjarnegara di urutan kedua dan Desa Wisata Somongari di Purworejo di posisi ketiga.

Berdasarkan laman jadresta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Conto terletak di Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim).

Baca juga: Keren! Desa Conto Wonogiri Raih Peringkat 2 Desa Wisata Terbaik Jateng

Desa ini memiliki berbagai potensi wisata mulai dari panorama alam yang terletak di lereng Gunung Lawu, hingga potensi seni dan budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya