SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Desa budaya DIY akan unjuk gigi dalam pameran di JEC

Harianjogja.com, JOGJA- Optimalkan potensi budaya lokal, sebanyak 43 desa budaya dari seluruh kabupaten di DIY akan unjuk gigi dalam pameran di area parkir barat, Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara bertajuk Gelar Potensi Desa Budaya Yogyakarta 2015 ini akan digelar pada 11-13 November 2015. Sejumlah produk kerajinan, kuliner, serta potensi budaya dari sejumlah desa wisata itu akan dipamerkan dalam acara itu.

Wardoyo, Kepala Seksi Adat dan Tradisi Disbud DIY menjelaskan bahwa desa-desa pengisi acara ini merupakan desa-desa program binaan dari Disbud DIY. “ Pameran ini akan jadi wujud nyata dari program desa binaan kami,” ujar Wardoyo dalam jumpa media di kantor Dinas Kebudayaan DIY, Jl. Cendana, Jogja, Senin, (8/11/2015).

Acara yang akan digelar tanggal 11-13 November 2015 ini juga akan menampilkan kesenian tradisional dari tiap-tiap desa. Diharapkan dengan kegiatan ini, seluruh desa mampu mengoptimalkan potensi budaya yang ada agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Citra Rani Angga, selaku pihak penyelenggara dari pameran ini menyatakan bahwa JEC dipilih sebagai tempat berlangsungnya acara ini juga sebagai wujud untuk dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas.

“Kami menganggap JEC akan mampu menarik masyarakat yang lebih luas, aksesnya gampang ditambah dengan tempatnya yang mendukung konsep outdoor acara ini,” ujar Citra.

Selain masyarakat sekitar, acara ini juga menargetkan pengunjung dari wisatawan lokal dan mancanegara.

Meski menargetkan wisatawan sebagai target acara, Wardoyo menekankan bahwa desa budaya berbeda dengan desa wisata. Dia menambahkan desa wisata menekankan pada nilai jual, sedangkan desa budaya kami adalah bagaimana desa itu memiliki kekuatan budaya lokal dan melestarikannya.

Dalam penyelenggarannya, acara ini menghabiskan dana hingga Rp1 miliar yang bersumber dari Dana Keistimewaan. Dalam acara ini ditekankan bagaimana desa-desa tersebut mendesain potensi-potensi yang dimiliki, khususnya dalam unsur pembinaan dan kelestariaan. Mendatang, desa-desa ini juga akan dievaluasi mengenai hasil pembinaannya untuk kemudian diputuskan kelanjutaan program binaan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya