SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok.SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok.SOLOPOS)

Gunungkidul (Solopos.com)–Desa Bohol, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul, DIY menyabet juara II Nasional kategori Desa peduli kehutanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Desa yang berada di pelosok Gunungkidul itu berhasil menyisihkan ribuan desa se-Indonesia atas kegigihan warganya dalam mengelola hutan rakyat sejak tahun 2005 lalu.

Kepala Desa Bohol, Widodo kepada Harian Jogja, Jumat (9/9/2011) menjelaskan tropi juara II nasional itu telah diterima olehnya pada bulan Agustus lalu di Senayan Jakarta.

Pemberitahuan tersebut diberikan kepadanya melalui surat undangan yang ditandatangai langsung oleh sekretaris Negara, Sudi Silalahi.

Pihaknya dinilai secara nasional oleh Departemen Kehutanan menjadi nomor dua setelah salahsatu desa di Kabupaten Jepara Jawa Tengah, lantaran berhasil membuat penghijauan dalam waktu sekitar enam tahun.

Awal penghijauan itu, dilakukannya secara tidak sengaja dalam rangka memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk menyelamatkan telaga dari kekeringan.

Program yang dicanangkan oleh pemerintah desa banyak terfokus pada penghijuan sejak tahun 2005, hingga menghasilkan sekitar 100 hektar hutan yang sudah tertanami pohon jati dan akasia selama lima tahun.

“Yang 100 hektar ini dahulu gundul, beberapa ada yang tanah kas desa ada pula yang tanah milik warga, dijadikan hutan rakyat istilahnya,” ungkap Widodo.

(JIBI/Harian Jogja/ton)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya