Desa Berjo Karanganyar Punya Camping Ground Anyar, Pemandangannya Aduhai

Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar memiliki destinasi wisata anyar, yakni camping ground yang berada di ketinggian 1.180 mdpl.

 Keindahan lampu di Karanganyar bisa dinikmati dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

SOLOPOS.COM - Keindahan lampu di Karanganyar bisa dinikmati dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Solopos.com, KARANGANYAR — Selain memiliki Air Terjun Jumog dan Telaga Madirda, Desa Berjo di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar kini juga punya bumi perkemahan atau camping ground. Lokasinya tak jauh dari pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu via Tambak.

Areanya lumayan luas, yakni sekitar 1 hektare dan bisa muat 100 tenda. Oleh karenanya bisa digunakan untuk kemah ramai-ramai dalam suatu kegiatan kelompok atau instansi.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Seperti bumi perkemahan lain, di sini juga sudah ada fasilitas kamar mandi dan penerangan yang memadai. Saluran listrik yang disediakan juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kemah dan menghidupkan peranti kelistrikan lainnya. Terutama mengisi daya baterai ponsel.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari camping ground ini adalah pemandangannya. Dari bumi perkemahan di ketinggian 1.180 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, pengunjung bisa menyaksikan hamparan tanaman hijau yang luas.

Baca Juga: Yuk Dolan ke Hutan Pinus Pasekan, Wisata Alam Baru di Eromoko Wonogiri

Di malam hari, pengunjung bisa melihat keindahan lampu rumah-rumah penduduk atau lampu kota di wilayah Karanganyar, Solo, dan sekitarnya. Tentu, pemandangan ini bisa dilihat ketika cuaca cerah.

tambak Camping Ground desa Berjo Ngargoyoso karanganyar
Pengunjung menikmati pemandangan alam dari Tambak Camping Ground di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Istimewa/dok. Tambak Camping Ground)

Bumi perkemahan ini berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari pusat kota Karanganyar ke arah timur. Sebagian jalan menuju lokasi sudah beraspal dan sebagian lagi merupakan jalan cor. Ada sedikit bagian yang masih berupa tanah namun kendaraan roda empat, apalagi roda dua, bisa sampai di lokasi bumi perkemahan tanpa harus parkir di tempat lain.

Salah satu pengelola camping ground, Ponco Margono, mengatakan bumi perkemahan yang dinamai Tambak Camping Ground ini mulai dibangun setahun lalu dan baru beroperasi Juli 2022.

Pengelolanya BUMDes Berjo. Pengunjung cukup membayar Rp15.000 per orang per malam. “Sudah termasuk parkir kendaraan,” ujarnya saat ditemui di lokasi, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Wisata Alam Gobumi Boyolali Butuh Pengembangan, Ini Potensinya

Bagi yang tidak memiliki tenda, pengelola menyediakan jasa sewa tenda senilai Rp70.000 termasuk matrasnya. “Tendanya berkapasitas empat orang,” imbuhnya.

Di sisi lain, pengelola masih akan terus mengembangkan bumi perkemahan tersebut dengan menambah fasilitas lain. Dengan begitu diharapkan pengunjung akan lebih merasa nyaman saat mereka berkemah.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

      Asmoro Decoration yang sudah sejak lama jadi langganan keluarga Presiden Jokowi dipercaya untuk mendekorasi lokasi acara ngunduh mantu nikahan Kaesang dengan Erina di Loji Gandrung Solo.

      Pekan Ini, Pemdes Kliwonan Sragen bakal Gelar Bazar Batik dan Kuliner

      Selain bazar batik dan kuliner, Pemdes Kliwonan juga akan menyajikan pasar malam dan hiburan untuk memeriahkan acara yang digelar selama empat hari itu.

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.