SOLOPOS.COM - Pantai Soge di Kabupaten Pacitan. (abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, PACITAN — Apa yang Anda lakukan saat menunggu azan Magrib untuk berbuka puasa, menunggu di rumah atau di ngabuburit di tempat-tempat keramaian atau tempat wisata? Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, nampaknya punya tempat ngabuburit yang berbeda dengan daerah lain.

Selain di kawasan alun-alun, masyarakat Pacitan juga bisa ngabuburit di pinggir pantai sambil mendengarkan suara deburan ombak yang indah. Wajar saja, hal ini karena ada banyak pantai di Pacitan yang lokasinya tidak jauh dari kawasan kota atau berada di tepi jalan.

Promosi Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Berikut ini tempat ngabuburit asyik di Kabupaten Pacitan:

  1. Alun-alun Pacitan 

Alun-alun Pacitan merupakan tempat yang cocok untuk ngabuburit. Setiap menjelang berbuka puasa kawasan ini selalu dipadati oleh pengunjung dan pedagang kuliner. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di alun-alun, mulai dari jalan-jalan sore sembari menunggu waktu berbuka hingga berburu kuliner untuk berbuka puasa. Kuliner yang tersedia mulai dari gorengan, jajanan, aneka es, satai tahu, jadah bakar, hingga makanan berat. Tempat ini cocok dikunjungi bersama anggota keluarga.

  1. JLS Pacitan

JLS atau Jalur Lintas Selatan di Pacitan bisa menjadi pilihan lokasi ngabuburit yang asyik. Jalan-jalan sore menikmati pemandangan di sekelilingnya seperti sawah, pantai, dan pepohonan hijau sangat cocok dinikmati sambil menunggu waktu berbuka. Pedagang kuliner yang menjual takjil juga bisa Anda temukan di beberapa titik sepanjang jalan ini. Jadi, bisa sekalian mampir beli kuliner untuk berbuka nanti.

  1. Pantai Pancer Door

Selain menjadi lokasi wisata, Pantai Pancer Door menjadi pilihan tempat ngabuburit asyik sembari menunggu waktu berbuka. Pantai Pancer Door sendiri lokasinya paling dekat dengan kota. Aktivitas yang paling menarik adalah pengunjung dapat menikmati sajian buka puasa seraya menikmati panorama senja yang eksotis. Banyak warung di tepian pantai yang bisa menjadi tempat beli menu berbuka. Selain itu fasilitas yang ada cukup lengkap seperti mushola dan toilet.

Pantai pancer door pacitan
Pantai pancer door. (Pusdaparpacitan.com)
  1. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria yang lokasinya tak jauh dari Pantai Pancer Door juga bisa menjadi pilihan lokasi ngabuburit lho. Pemandangan indah pantai ini siap dinikmati sambil menunggu waktu berbuka. Anda bisa memesan kuliner yang seperti seafood khas Pacitan untuk sajian buka puasa. Pantai Teleng Ria sudah dikelola secara profesional sehingga fasilitasnya terbilang lengkap. Sangat cocok bagi Anda yang ingin ngabuburit bareng anggota keluarga. Lokasinya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan.

Panorama Pantai Teleng Ria, Pacitan. (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo) tempat ngabuburit di pacitan
Panorama Pantai Teleng Ria, Pacitan. (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)
  1. Pantai Soge

Tempat ngabuburit selanjutnya adalah Pantai Soge. Daya tarik di Pantai Soge adalah Jalan Lintas Selatan yang mirip dengan Great Ocean Road yang ada di Australia. Banyak orang sering berfoto di kawasan ini karena pemandangannya yang sangat cantik. Terdapat warung-warung kuliner yang bisa menjadi tempat beli menu buka puasa. Anda bisa menyantap sajian buka puasa sambil menikmati indahnya sunset yang eksotis. Pantai Soge berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo.

tempat ngabuburit di pacitan
Pantai Soge di Kabupaten Pacitan. (abdul Jalil/Solopos.com)
  1. Pantai Tamperan

Pantai Tamperan juga menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi saat menjelang buka puasa. Lokasinya berada di Lingkungan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Terdapat spot memancing bagi Anda yang suka memancing sambil menunggu waktu berbuka. Daya tarik pantai ini adalah kapal-kapal nelayan yang bersandar menjadi pemandangan yang indah. Pantai Tamperan juga menjadi lokasi pelabuhan perikanan di Kabupaten Pacitan. Pada waktu tertentu, pemandangan yang ada di kawasan ini adalah nelayan yang sedang berlabuh dan membawa hasil tangkapan ikan. Istimewa!

Aktivitas para nelayan seusai membongkar muatan ikan di Dermaga Tamperan, Pacitan, awal bulan Juni. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Aktivitas para nelayan seusai membongkar muatan ikan di Dermaga Tamperan, Pacitan, awal bulan Juni. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya