SOLOPOS.COM - Salah satu moge yang dipakai polisi Indonesia adalah Harley Davidson Electra Glide (Cekaja)

Solopos.com, SOLO-Tak hanya masyarakat umum yang punya motor gede atau moge untuk koleksi atau turing, instansi polisi (Polri) juga punya moge. Tapi moge yang dipakai polisi Indonesia ini bukan untuk koleksi, tetapi untuk menunjang tugas harian mereka.

Perlu diketahui bahwa kendaraan yang disebut moge ini memiliki kapasitas mesin 500 cc ke atas.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Jenis moge yang dipakai polisi ini pun berbeda-beda tiap daerah. Berikut adalah jenis moge yang dipakai polisi Indonesia seperti dikutip dari . Dikutip Solopos.com dari Cekaja, Rabu (1/3/2023), berikut beberapa di antaranya.

 

  1. Kawasaki Z900

Jenis moge polisi Indonesia yang pertama adalah Kawasaki Z900. Tidak semua polisi dibekali motor gede jenis ini, contohnya seperti di Kota Malang, hanya ada beberapa anggota kepolisian dibekali dengan Kawasaki Z900.

Moge polisi yang baru digunakan pada 2018 ini mengusung mesin 900 cc yang mampu menghasilkan daya setara 125 tenaga kuda. Tidak hanya itu, motor ini juga memiliki konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, 16 katup, dan berpendingin cairan.

Bahkan disebut-sebut, moge Kawasaki Z900 ini sebagai pengganti Yamaha FZ1, motor yang sering digunakan oleh Paspampres. Moge yang dipakai polisi ini harganya bisa mencapai Rp225 juta.

 

  1. Kawasaki Versys

Moge yang dipakai polisi berikutnya adalah Kawasaki Versys. Tidak berbeda jauh dengan Kawasaki Z900, moge ini memiliki dapur pacu 650cc 2 silinder DOHC yang didukung oleh sistem digital fuel-injection.

Tidak hanya itu, moge yang memiliki genre dual-sport ini juga disebut-sebut menjadi moge yang cukup digemari oleh para pecinta motor-adventure.

Soal harga, motor gede Kawasaki jenis ini dipatok sekitar Rp170 jutaan.

 

  1. Yamaha XJ900P

Jika kamu sering melihat polisi yang sedang mengawal rombongan pejabat sampai ambulans, mungkin kamu akan tersita perhatiannya oleh jenis moge polisi Indonesia yang satu ini. Jenis moge tersebut adalah Yamaha XJ900P.

Motor gede produksi pabrik berlogo garpu tala ini menyematkan mesin 4 silinder in-line berkubikasi 892cc 5 percepatan.

Sehingga, daya yang bisa dihasilkan dari motor ini mencapai 89hp pada 8.250rpm, dengan torsi menembus angka 83Nm  pada 7.500rpm.

Selain itu, jika dilihat motor ini mungkin bisa disebut moge yang paling tua, karena sistem pembakarannya masih menggunakan karburator.

Nah, buat kamu yang fokus pada huruf P dalam XJ900P, maksudnya adalah Police, yang berarti motor ini diciptakan memang untuk memenuhi kebutuhan polisi. Harga untuk satu unit moge ini mencapai Rp300 jutaan.

 

  1. Honda Goldwing

Moge yang dipakai polisi Indonesia berikutnya adalah Honda Goldwing. Motor dengan keluarga terbesar GL series ini disebut mampu mengeluarkan daya setara 117 tenaga kuda. Hal tersebut dikarenakan adanya mesin boxer 6 silinder berkapasitas 1832 cc SOHC dan sudah menggunakan teknologi injeksi.

Untuk kebutuhan kepolisian, moge ini menjadi salah satu yang punya fitur paling lengkap, bahkan fitur-fiturnya bisa menyaingi mobil. Maka tak heran jika harganya tembus Rp1 miliar.

 

  1. Harley Davidson Electra Glide

Siapa yang tidak tahu merk moge yang satu ini? Merk Harley Davidson Electra Glide juga menjadi salah satu moge yang dipakai polisi Indonesia.

Tidak hanya menggunakan moge produk Jepang seperti Yamaha hingga Honda, beberapa polisi Indonesia juga dibekali dengan motor asal Amerika, Harley Davidson Ultra Glide.

Motor besar dan mewah ini menopang mesin sebesar 1.690 cc V-Twin. Fitur motor ini seperti mobil, yakni dilengkapi dengan backrest, MP3 port, dan radio.

Moge Electra Glide Ultra Classic ini juga dibekali dengan mesin jenis Milwaukee-Eight V-Twin dengan kapasitas mencapai 1.746 cc.

Dengan memiliki tenaga dan torsi demikian, sudah pasti motor ini bisa mengakomodasi kebutuhan Polri saat bertugas. Beberapa polisi juga menggunakan moge Electra Glide dengan mesin 1.300 cc.

Untuk harganya satu unit motor gede ini bisa dibanderol Rp495 jutaan.

 



  1. BMW R 1200 RT

Jenis moge polisi Indonesia selanjutnya adalah BMW R 1200 RT. Moge jenis R 1200 RT ini menggunakan model half fairing.

Untuk kapasitas mesinnya adalah 1.170 cc dengan tenaga yang dihasilkan sama seperti moge R 1200 GS. Ternyata harganya Rp274 jutaan.

 

  1. Victory Vision

Jenis moge yang dipakai polisi selanjutnya adalah Victory Vision. Jika dilihat dari fisiknya, banyak yang mengira bahwa, moge ini keluaran Harley-Davidson.

Pasalnya, jenis mesin yang dipakai memang sama-sama menggunakan V-Twin, tapi ini bukan Harley-Davidson, melainkan adalah Victory Vision dengan mesin berkapasitas 1.731 cc. Harganya juga lumayan mahal, bisa mencapai Rp280 jutaan.

Nah, itu dia beberapa informasi moge yang dipakai polisi di Indonesia.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya