Deretan Fasilitas Mewah Stadion Manahan Solo yang Jadi Venue Liga 1

Stadion Manahan Solo bakal menjadi salah satu venue Liga 1. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT. LIB, Akhmad Jadian Lukita, Senin (27/9/2021).

 Stadion Manahan Solo (dok)

SOLOPOS.COM - Stadion Manahan Solo (dok)

Solopos.com, SOLO – Stadion Manahan Solo bakal menjadi salah satu venue Liga 1. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT. LIB, Akhmad Jadian Lukita, Senin (27/9/2021).

Liga 1 musim ini memang menggunakan skema berbeda menyusul adanya pandemi Covid-19. Salah satunya adalah menggunakan skema lokasi. Pada seri pertama, Liga 1 digelar di wilayah Jabodetabek.

Nah, untuk seri selanjutnya akan dilangsungkan di Jawa Tengah dan DIY. Sesuai rencana, seri pertama Liga 1 berlangsung hingga pekan keenam. Artinya, mulai pekan ketujuh Liga 1 akan berpindah ke Jateng DIY.

Baca Juga: Fix! Stadion Manahan Solo Bakal Jadi Venue Liga 1

“Saat ini seri pertama masih di Jabodetabek. Sesuai rencana awal, seri ke dua digelar di Jateng-DIY. Stadion Manahan digunakan untuk pertandingan Liga 1,” kata Lukita kepada wartawan.

Lantas apa yang membuat PT LIB melirik Stadion Manahan Solo sebagai venue Liga 1? Salah satunya mungkin fasilitas yang ditawarkan. Mengutip surakarta.go.id, Stadion Manahan Solo telah dirombak besar-besaran dengan menggunakan anggaran lebih dari Rp300 miliar.

Stadion Manahan Solo direnovasi karena masuk sebagai venue Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar tahun ini. Stadion Manahan pun sempat disebut sebagai mini Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) karena fasilitasnya yang sama-sama bertaraf internasional.

Single Seat

Hanya, kapasitas penonton di Stadion Manahan Solo lebih sedikit yakni 20.000 orang. Kendati demikian tribune penonton sudah menggunakan single seat.

“Karena sesuai standar FIFA, bangku penonton tidak boleh lagi bangku panjang tetapi harus single seat, bernomor dan permanen. Mengikuti ketentuan FIFA, Stadion Manahan termasuk klasifikasi stadion kelas dua,” ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Pelaksanaan Penataan Bangunan Strategis 2 Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Kusworo Darpito, saat proses pembangunan Stadion Manahan kala itu.

Selain bangku penonton, fasilitas utama stadion adalah pemasangan atap di seluruh tribune stadion. Selain itu, penerangan stadion juga sudah menyesuaikan standar FIFA. Stadion Manahan Solo saat ini memiliki lampu di arena pertandingan (field of play) berkekuatan 1.500 lux.

Baca Juga: Suporter Persis Solo Luncurkan Match Progamme, Apa Itu?

Yang tidak kalah keren adalah rumput yang digunakan di Stadion Manahan. Rumput yang digunakan adalah rumput Zoysia Matrella (Linn) Merr atau yang biasa dikenal dengan istilah Rumput Manila. Penggunaan rumput itu disempurnakan dengan drainase lapangan yang baik.

Ruang ganti pemain, ruang media, ruang untuk konfrensi pers hingga MCK, juga sudah mengalami perbaikan. Setelah diresmikan, Stadion Manahan Solo sudah beberapa kali menggelar pertandingan. Termasuk menggelar partai pembuka Liga 2 antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati, Minggu (26/9/2021).


Berita Terkait

Berita Terkini

Prediksi Skor & Susunan Pemain Brentford vs Chelsea, Waspada The Blues!

Pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, Chelsea, akan berhadapan dengan tim promosi Brentford pada pekan kedelapan.

Indonesia vs Denmark di Piala Thomas, Netizen: Sogok Pakai Indomie Aja!

Tim Indonesia mendapat tantangan dari Denmark di babak semifinal Piala Thomas 2021. Netizen Indonesia meminta Denmark mengalah dan akan dihadiahi mie instan merek Indomie.

Head to Head Pemain Indonesia vs Denmark: Ginting Seri, Minions Unggul

Indonesia dan Denmark sudah merilis susunan pemain yang akan bertanding di babak semifinal Piala Thomas 2021.

Unggul Telak! Ini Head to Head Indonesia vs Denmark di Piala Thomas

Indonesia akan menghadapi Denmark di babak semifinal Piala Thomas 2021. Tim Indonesia ternyata superior terhadap Tim Denmark di ajang Piala Thomas.

Prediksi Skor & Line Up Watford vs Liverpool, Menang Besar The Reds?

Liverpool akan mendapat tantangan dari Watford pada pekan kedelapan Liga Premier Inggris.

Soal Aksi Suporter PSS Sleman, BCS: Nyuwun Ngapunten Sedulur Solo!

Jajaran Polresta Solo membubarkan ratusan orang yang diduga pendukung PSS Sleman di beberapa akses masuk Kota Solo

Susunan Pemain Indonesia vs Denmark di Semifinal Piala Thomas

Tim Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Mereka akan menghadapi Denmark.

Indisipliner, Pemain PSIS Semarang Ini Kena Potongan Gaji

Klub Liga 1 PSIS Semarang memberikan sanksi tegas kepada salah satu pemain yang dianggap indispliner.

Resmi, Jakarta Jadi Tuan Rumah Balap Mobil Listrik Formula E

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia.

Adinda Raih Emas Terbanyak PON Papua dengan Pen Tertanam di Tangan

Adinda mengaku kerap merasakan ngilu, terlebih saat menyentuh dinginnya air, namun tekadnya kuat melewati semua rintangan dan tantangan.

Main di Solo, PSS Sleman Menang Tipis Atas Barito Putra

Kedua tim bermain cukup keras selama jalannya laga, Barito Putra mencuri gol terlebih dahulu di menit ke-17 lewat kaki Beni Oktavianto.

Selamat! Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Thomas 2021

Tim Indonesia berhasil memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2021. Hal itu setelah mereka mengalahkan Malaysia di babak perempatfinal dengan skor 3-0.

Jawa Barat Juara Umum PON XX Papua, Jateng Digeser Bali

PON XX Papua secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, K.H. Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021) malam.

Piala Thomas: Susunan Pemain Indonesia vs Malaysia, Vito Main Terakhir!

Pebulu tangkis Sukoharjo, Shesar Hiren Rhustavito, kembali masuk dalam skuad Tim Thomas Indonesia.

Jadwal Liga Italia Akhir Pekan Ini, Big Match Juventus vs Roma

Pekan kedelapan Liga Italia akan menyajikan sejumlah laga menarik.

Mahasiswi UNS Solo Raih Medali PON Saat Hamil, Rektor: Kuliah Gratis!

Mahasiswi UNS Solo, Nadia Haq Umami Nur Cahyani, sukses mengoleksi medali perunggu dalam cabang olahraga (cabor) pencak silat dalam PON XX Papua.