Deretan Bus Sejuta Umat di Jateng, Meski Bumel Tetap Dicinta

Inilah deretan bus bumel sejuta umat yang memiliki banyak penumpang setia di Jawa Tengah.

 Calon penumpang berebut masuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP) PO Rela rute Solo-Purwodadi di pintu sisi timur Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (5/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Calon penumpang berebut masuk bus antar kota dalam provinsi (AKDP) PO Rela rute Solo-Purwodadi di pintu sisi timur Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (5/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Bus merupakan moda transportasi paling sering digunakan masyarakat khususnya di Jawa Tengah untuk bepergian, baik antar-kota maupun antar-provinsi. Dari sekian banyak bus dengan armada apik, ternyata tidak menghilangkan eksistensi bus bumel.

Bumel adalah bus jenis ekonomi yang biasanya tidak ber-AC. Susunan bangkunya pun masih memakai gaya lama, yaitu dua di kanan dan tiga di sisi kiri.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (20/5/2022), berikut lima bus bumel sejuta umat yang memiliki penumpang setia:

Sugeng Rahayu

Sugeng Rahayu adalah bus bumel yang paling familiar bagi masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bus ini dulunya bernama Sumber Kencono yang berada di bawah naungan Sumber Group.

Bus yang satu ini sering kali mengalami kecelakaan karena gaya sopirnya yang ugal-ugalan. Meski demikian, bus yang satu ini tetap saja menjadi salah satu yang memiliki penumpang setia, karena banyak rute yang ditawarkan.
Mulai dari rute Solo-Surabaya hingga Solo-Jogja.

bus AKAP Sugeng rahayu
Armada bus Sugeng Rahayu. (bus-truck.id)

Langsung Jaya

Bus bumel kedua yang memiliki penggemar setia adalah Langsung Jaya. Bus ini melayani berbagai rute, seperti Solo-Jogja dan Solo-Tawangmangu. Bus ini menjadi moda transportasi para buruh harian, khususnya kaum wanita, yang bekerja di Solo dan sekitarnya untuk pulang ke rumah di Tawangmangu dan sekitarnya.

Rela

Rela juga menjadi bus bumel dengan banyak pelanggan setia. Bus jurusan Solo-Purwodadi ini dikenal sebagai penguasa jalanan. Bus ini sering dikemudikan secara ugal-ugalan. Tidak jarang para pengguna jalan dan penumpang dibuat khawatir dengan cara sopir mengemudikan bus ini.

Al Amin

Semburan asap knalpot berwarna hitam menjadi salah satu ciri khas bus jurusan Solo-Wonogiri ini. Bus Al-Amin menjadi salah satu raja jalanan yang kerap membuat pengguna jalan memilih menyingkir daripada mendahuluinya.

bus bumel
Bus Harta Sanjaya jurusan Solo-Sragen. (Twitter)

Harta Sanjaya

Bus jurusan Solo-Sragen ini juga termasuk kategori bumel yang memiliki banyak penumpang. Hampir setiap hari bus yang satu ini selalu penuh mengangkut penumpang yang hilir mudik dari Solo ke Sragen maupun sebaliknya. Bus ini juga kerap ugal-ugalan di jalanan Solo-Sragen yang tidak terlalu lebar.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Berita Terkini

Video Penampakan Polisi Tilang Pelanggar Pakai Kamera HP, Cukup Difoto!

Seorang polisi melakukan penilangan kepada pelanggar lalu lintas dengan menggunakan kamera HP di Sukoharjo. Ini videonya!

Membayar Utang atau Sedekah, Mana yang Didahulukan?

Ada kalanya kita dihadapkan pada pilihan apakah melaksanakan sedekah terlebih dahulu atau menunaikan kewajiban membayar utang.

Fenomena Langka Lima Planet Sejajar 24 Juni, Muncul Lagi 2041

Pada 3 hingga 24 Juni 2022, para pencinta astronomi disuguhi fenomena langka lima planet sejajar yang kemungkinan baru muncul lagi pada 2041.

Viral Pemotor Kena Tilang di Jalan Sawah Sepi, Siapa yang Lihat?

Kisah unik tentang seorang pemotor yang kena tilang akibat melintas di jalanan sawah yang sepi tanpa helm.

Begini Cara Mencegah Ulkus Dekubitus Seperti Diidap Rima Melati

Sebelum mengetahui cara mencegah, ketahui terlebih dulu pengertian ulkus dekubitus.

Mengenal Ulkus Dekubitus seperti Diidap Artis Senior Rima Melati

Sebelum mengembuskan napas terakhir, diketahui Rima Melati menjalani perawatan intensif di ruang ICU rumah sakit karena menderita ulkus dekubitus.

Sayang Dilewatkan, Inilah Amalan-Amalan di Bulan Dzulhijjah

Banyak keutamaan di bulan yang dikenal sebagai bulan berkurban tersebut, salah satunya segala amalan yang dilakukan di bulan Dzulhijjah akan dilipatgandakan pahalanya.

Suntik Putih Bikin Penyakit Autoimun Seperti Pengakuan Video Viral?

Sebuah video viral lantaran seorang wanita menyebut suntik putih bikin dirinya mengalami gejala autoimun.

Bikini Atoll, Lokasi Uji Coba Bom Atom Inspirasi Bikini Bottom

Pada 1 Maret 1954, Amerika Serikat menguji coba hulu ledak nuklri, Castle Bravo di Bikini Atoll, Kepulauan Marshall, yang dikatakan lebih dari 1.000 kali lipat bom Hiroshima, Jepang pada 1945, yang konon menginspirasi keberadaan Bikini Bottom, kota fiktif tempat tinggal tokoh kartun SpongeBob.

Kenali Manfaat Yoga untuk Pasien Sakit Ginjal Kronis

Sebuah studi kecil dan acak baru-baru ini menunjukkan manfaat yoga bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis.

Arti Mimpi Tersesat Menurut Primbon Jawa, Apakah Pertanda Buruk?

Tak jarang kita mengartikan mimpi tersesat di suatu tempat tak dikenal sebagai pertanda buruk, benarkah demikian?

Produk Dikenal Luas, Siapakah Pendiri Pabrik Sandal Swallow?

Berkat tangan dingin pendiri pabrik Sandal Swallow maka produk ini sekarang dikenal luas masyarakat.

Dikenal Banyak Orang, Begini Sejarah Sandal Swallow

Sedangkan dalam sejarah produk Sandal Swallow terjadi penambahan variasi model.

Segudang Manfaat Asuransi Perjalanan, Jamin Liburan Makin Nyaman!

Walaupun sering kali dianggap remeh dan tidak dibutuhkan, asuransi perjalanan memiliki segudang manfaat yang mampu membuat aktivitas liburan lebih aman dan nyaman.

Masuk Islam, Lee Minho Nikahi Wanita Batang Maharnya Berlian-Apartemen

Kisah unik kali ini tentang pernikahan viral antara Lee Minho dengan seorang wanita asal Batang, Jawa Tengah.