SOLOPOS.COM - Kelompok penari meramaikan Indonesia Menari 2015 di salah satu pusat perbelanjaan modern Jakarta. Saat itu peserta mencapai 1.500 orang yang terdiri atas 358 individu dan 74 grup. (Istimewa/Dok. Indonesia Menari)

Indonesia Menari 2017 dilaksanakan di Solo, Bandung, dan Jakarta.

Solopos.com, SOLO — Perhelatan Indonesia Menari kembali digelar. Memasuki tahun kelima, acara persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation tersebut dilaksanakan di tiga lokasi yakni di Grand Indonesia Jakarta, The Park Mall Solo di Solo Baru Sukoharjo, dan Mall 23 Paskal Bandung, Minggu (19/11/2017) mendatang.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Ribuan orang bakal menari secara serentak pada hari itu mulai pukul 13.00 WIB. Kegiatan dengan konsep indoor tersebut juga diramaikan deretan selebritas Tanah Air. Aktris Ayushita dan penyanyi Rangga Moela akan memeriahkan Indonesia Menari 2017 di The Park Mall Solo Baru. Sedangkan aktor Fero Walandouw, Marcell Darwin, dan Yuki Kato memanaskan acara di Jakarta. Sementara Bandung mendatangkan Citra Kirana dan Morgan Oey.

Ekspedisi Mudik 2024

Perwakilan Indonesia Menari Ima Silaban dalam rilis yang diterima , Rabu (15/11/2017), menuturkan tarian massal mengacu pada satu koreografi utama karya Rosmala Sari Dewi dari CIOFF Indonesia. Karya tersebut menggabungkan tari tradisional dan modern dengan durasi empat menit. (baca: Indonesia Menari 2017 Digelar di Tiga Kota)

“Untuk Indonesia Menari 2017 saya mengolaborasikan beberapa gerakan tari tradisional dari beberapa daerah dengan menyisipkan sedikit gerakan tari modern. Gerakan yang cukup mudah untuk diikuti, sehingga para peserta yang bukan penari tak perlu merasa tidak percaya diri untuk berpartisipasi dalam acara ini,” kata Rosmala dalam rilis tersebut.

Sementara, iringan musik dipercayakan kepada Pongky Prasetyo. Komposer ibukota ini menggabungkan lagu daerah dari Aceh (Bungong Jeumpa), Kalimantan Barat (Cik Cik Periuk), Jawa Barat (Cingcangkeling), Maluku (Rasa Sayange), Sulawesi Utara (Si Patokaan), dan Nusa Tenggara Timur (Gemu Fa Mi Re).

Pihak penyelenggara membuka kesempatan kepada semua masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan massal ini. Pendaftaran dibuka dalam dua kategori yaitu individu dan kelompok minimal lima, maksimal tujuh orang. Saat hari pelaksanaan mereka diminta menarikan Indonesia Menari 2017 yang telah dipublikasikan dalam Youtube Chanel Indonesia Kaya.

Pendaftaran dilakukan melalui www.Indonesiakaya.com. Peserta berkesempatan mendapatkan hadiah senilai total ratusan juta rupiah.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, mengatakan Indonesia Menari merupakan upaya Bakti Budaya Djarum Foundation mengenalkan tari tradisional Indonesia dengan cara mudah dan menyenangkan.

Mereka berharap melalui kegiatan ini semakin banyak generasi muda yang berkeinginan mempelajari tari tradisional dan bangga terhadap seni budaya bangsa sendiri. “Besarnya antusias peserta di tahun-tahun sebelumnya, mendorong mereka untuk melakukan penambahan kota yaitu di Solo dan Bandung. Mari menari!” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya