SOLOPOS.COM - Ilustrasi/Googleimages

 

SEMARANG-Berbicara mengenai penyakit jantung, orang akan langsung menghubungkan dengan serangan jantung.

Tapi tahukah bahwa kasus denyut jantung yang tidak teratur lebih banyak membawa orang pada resiko stroke?

Kasus umum tentang irama jantung yang bermasalah itu disebut Atrial Fibrilasi atau yang umum dikenal sebagai A-fib.

Pakar jantung dari Pusat Perawatan Jantung Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, Dr. Lee Yew Ming dan Dr. Hew Chee Chin melalui email di situs resmi rumah sakit itu (www.mahkotamedical.com) menjelaskan apakah Atrial Fibrilasi atau A-fib itu?

A-fib adalah kondisi dimana sinyal listrik yang mengendalikan denyut jantung bergerak abnormal. Sinyal listrik yang tidak teratur dan cepat mengakibatkan pada jantung berdenyut tidak teratur dan biasanya dengan sangat cepat.

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa memiliki denyut jantung tidak teratur dapat menempatkan seseorang pada risiko stroke?

Dalam kondisi A-fib sinyal-sinyal listrik yang begitu cepat menyebabkan bagian teratas dua bilik jantung berhenti memompa secara efektif sehingga menyebabkan darah yang harus keluar dari ruangan itu terhenti.

Darah yang tertinggal di bilik jantung kemudian berkumpul dan menggenang seperti kolam, dalam waktu tertentu darah akan membentuk gumpalan.

Gumpalan-gumpalan darah tersebut kemudian berjalan ke otak melalui pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan stroke.

Kenali Gejalanya

Banyak dari pasien A-fib tidak mempunyai gejala dan tidak waspada pada ritme denyut jantung yang tidak teratur. Bagaimanapun ketika gejala memang terjadi A-fib biasanya disertai dengan gejala yang berhubungan dengan denyut jantung yang cepat seperti berdegub kencang, denyutan-nya seperti melompat lompat, kadar denyut yang tidak bersinkronasasi.

Gejala-gejala lain yang meliputi adalah:

“Sesak dada” ringan atau nyeri
Merasa sakit kepala, pusing atau sejenisnya dan pingsan
Kesulitan bernafas, terutama saat berolahraga
Disamping itu, A-fib akan menyerang pasien dengan resiko faktor penyakit tambahan (seperti tekanan darah tinggi atau gondok/tiroid), jadi yang terbaik bagi orang-orang yang terdapat faktor risiko penyakit tambahan biasa mengambil tindakan pencegahan dengan segera:

Mengontrol tekanan darah dengan memberlakukan pola diet makanan sehat
Batas mengkonsumsi alkohol 1-2 kali minum perhari
Mengurangi kafein
Mendapatkan pengobatan pada masalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif
Menghindari merokok untuk mencegah penyakit paru-paru
Diagnosa

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti di atas atau anda menduga bahwa anda mungkin memiliki A-fib anda disarankan untuk mengambil tes yang disebut ‘ECG’ atau dikenal sebagai ‘Elektrokardiogram’ untuk konfirmasi diagnosis.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan

Pengobatan yang anda dan dokter anda pilih bergantung pada banyak faktor, termasuk apakah anda memiliki masalah lain dengan jantung dan jika anda dapat mengkonsumsi obat obatan yang dapat mengontrol kecepatan atau irama denyut jantung atau obat-obatan untuk menjaga dari pembentukan gumpalan.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan perawatan yang lebih invasif atau pembedahan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Perawatan:

Cardioversion/Kardioversi
Prosedur yang melibatkan kejutan listrik ringan yang dikirimkan ke jantung anda untuk memperbaiki ritme-nya.
Ablation/Ablasi
Radiofrequensi ablasi yang menggunakan panas atau dingin untuk menghancurkan bagian kecil dari jantung yang telah mengirimkan sinyal-sinyal listrik yang abnormal.
Pembedahan
Sebuah alat yang disebut pacemaker akan ditanam dalam tubuh pasien dan akan mengirimkan sinyal listrik ke jantung untuk mengontrol denyut jantung.
Pembedahan untuk menciptakan jaringan parut di hati untuk memblokir aliran sinyal listrik.
Bagaimana menghadapi A-fib

Tidak perlu merasa khawatir jika anda diagnosa dengan A-fib, banyak orang yang telah didiagnosa dengan “A-fib” dapat hidup cukup baik dengan normal.

Asalkan, selama langkah-langkah pencegahan yang diambil meliputi obat yang diresepkan untuk setiap hari, dapat mengurangi kemungkinan mendapatkan serangan stroke.



Pusat Perawatan Jantung Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia total punyai 7 orang spesialis sepenuh waktu iaitu: Dr. Ang Eng Lip, Dr. Lim Boon Aik, Dr. Siaw Fook Soon, dan Dr. Tee Heng Giap.

Sedangkan Spesialis Bedah Jantung Dewasa dan Anak-anak adalah Dr. Lee Yew Ming dan Dr. Hew Chee Chin.

Mahkota Medical Centre Melaka telah mengklaim sebagai rumah sakit dengan fasilitas terlengkap dan terpecaya di Malaysia dan wilayah sekitarnya yang menyediakan layanan medis berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Pada saat ini, Mahkota Medical Centre Melaka mempunyai 70 docter spesialis berbagai desiplin ilmu yang bekerja sepenuh waktu. Dan dilengkapi dengan 288 tempat tidur pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya