SOLOPOS.COM - Acara peresmian Terowongan Nanjung di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (29/1/2020) pagi. (Detik.com)

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Terowongan Nanjung di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (29/1/2020) pagi.

Terowongan tersebut dibangun sebagai upaya menanggulangi banjir di wilayah Bandung. Jokowi mengawali peresmian Terowongan Nanjung dengan mengucap basmalah.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

"Dengan mengucap bismillah dan dengan memohon kepada Tuhan yang Maha Esa, saya resmikan Terowongan Nanjung pagi ini," ucap sang presiden.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap terowongan tersebut bisa menjadi sistem pengendali banjir di hulu sungai. Ia menjelaskan ada pekerjaan rumah yang besar untuk normalisasi di hulu sungai.

Oleh karena itu, pemerintah membangun Embung Gedebage, kolam retensi, sodetan Cisangkuy, dan terowongan Nanjung. Diharapkan setelah 2020, banjir yang dulunya terjadi di cekungan Bandung itu tak lagi terjadi.

"Sudah disampaikan oleh pak Gubernur jika tahun ini genangan banjirnya menurun drastis dari 490 km persegi menjadi 80 km persegi dan yang terdampak dulunya 159.000 menjadi 77.000 turun drastis," jelas dia.

Dilaporkan Detik.com, turut hadir Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial dalam peresmian itu.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan proyek Terowongan Nanjung merupakan bagian dari pengendalian banjir Ssungai Citarum bagian hulu.

Pasalnya, di bagian hulu kerap kali terjadi banjir di wilayah Dayeuh Kolot, Bojong Soang sampai Baleendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya