SOLOPOS.COM - Warga menggunakan hak pilih dalam pemilihan ketua RW 001 di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Sabtu (12/2/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 108 warga di Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, antusias mengikuti pemilihan ketua RW 001 secara langsung di Aula Masjid Asy Syafa’ah desa setempat, Sabtu (12/2/2022) malam. Dalam pemilihan ketua RW 001 itu berlangsung demokratis dan terbebas dari praktik politik uang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pemilihan ketua RW 001 diiikuti dua calon, yakni Rohmad dan Sugiyarta. Keduanya bersaing meraih suara sebanyak-banyaknya di RW 001. Pemilihan ketua RW 001 digelar menyusul sudah rampungnya kepemimpinan Surono dengan masa bakti lima tahun terakhir.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lantaran berlangsung di tengah pandemi Covid-19, pemilihan ketua RW berlangsung pukul 20.00 WIB-21.30 WIB. Sebanyak 108 orang menggunakan hak pilihnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 67 orang memilih Rohmad. Sebanyak 37 orang memilih Sugiyarta. Jumlah suara tidak sah mencapai empat suara.

Baca Juga: Awasi Pemudik, Klaten akan Aktifkan Lagi Satgas Covid-19 hingga RT/RW

“Pemilihan ketua RW 001 seperti ini baru pertama kali digelar. Ini akan menjadi percontohan bagi daerah lainnya [di Demakijo terdapat 16 RT dan 7 RW]. Masa kepemimpinan ketua RW terpilih mencapai enam tahun. Antusias warga dalam menggunakan hak pilih sangat tinggi. Meski hujan, tetap pada datang. Pelaksanaan pemilihan berlangsung demokratis dan tak ada praktik politik uang,” kata Kepala Desa (Kades) Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Ery Karyatno, kepada Solopos.com, Sabtu (12/2/2022) malam.

Ery Karyatno mengatakan keberadaan ketua RW dan ketua RT memiliki peran penting. Melalui pemilihan yang demokratis, diharapkan kepemimpinan tokoh masyarakat terpilih dapat berkontribusi optimal terhadap kemajuan dukuh/daerah yang dipimpinnya.

“Saat ini sedang berlangsung pandemi Covid-19. Calon ketua RW terpilih harus terus mengingatkan warga agar tetap disiplin protokol kesehatan (prokes). Nantinya, di tahun 2025 akan kami gelar pemilihan ketua RT/RW secara serentak [di waktu tersebut banyak ketua RT/RW yang sudah purna],” kata Ery Kadyatno.

baca Juga: Cerita Pak RW Antar Pembunuh Sahabat di Klaten, Naik Motor ke Polsek

Dalam berita acara pemilihan ketua RW 001 yang ditandatangani ketua panitia pemilihan ketua RW 001, Mursidi, menyebutkan jumlah pemilih yang sah di RW setempat sebenarnya mencapai 174 orang. Jumlah pengguna suara mencapai 108 orang. Jumlah warga yang tak menggunakan hak suara mencapai 66 orang.

“Jumlah suara sah mencapai 104 suara dan suara tidak sah sebanyak empat suara. Berdasarkan hasil penghitungan suara maka ditetapkan Rohmad sebagai ketua RW 001 terpilih,” kata Mursidi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya