SOLOPOS.COM - Logo Partai Demokrat. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTAPartai Demokrat menyiapkan 20 kader internal untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) maupun calon wakil gubernur (cawagub) dalam Pilkada 2024. Dari 20 nama itu, dua di antaranya adalah mantan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Emil Dardak, dan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Tengah (Jateng), Rinto Subekti.

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menjelaskan, 20 nama tersebut muncul berdasarkan hasil survei ketokohan dan pertimbangan kursi DPRD Provinsi hasil Pileg 2024. “Plus kemampuan sangat penting lainnya, belajar dari Pemilu 2024 lalu yang tingkat vote buying [beli suara] cukup tinggi,” jelas Andi dalam keterangannya, Rabu (17/4/2024).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Andi mengungkapkan ada tujuh kader utama yang disiapkan maju sebagai bakal cagub. Berikut daftarnya.

  1. Kalimantan Utara: Yansen TP, ketua DPD Demokrat yang kini menjabat sebagai wakil gubernur
  2. Kalimantan Tengah: Nadalsyah, ketua DPD Demokrat yang juga menjabat bupati Barito Utara dua periode dan caleg DPR RI terpilih 2024.
  3. Sulawesi Tengah: Anwar Hafid, ketua DPD Demokrat yang juga anggota DPR tiga periode dan mantan Bupati Morowali dua periode.
  4. Sulawesi Barat: Suhardi Duka, ketua DPD Demokrat yang juga anggota DPR dua periode dan mantan Bupati Mamuju dua periode.
  5. Sulawesi Utara: Elly Engelbert Lasut, ketua DPD Demokrat yang juga Bupati Talaud tiga periode dan mantan ketua DPRD Talaud.
  6. Papua Barat Daya: Abdul Faris Umliati, ketua DPD Demokrat yang juga bupati Raja Ampat dua periode.
  7. Riau: M. Nasir, pengusaha dan anggota DPR tiga periode.

Kemudian, ada 13 kader Demokrat yang disiapkan maju sebagai bakal cawagub. Meski demikian, mereka harus terlebih dahulu dapat memastikan bisa mendampingi bakal cagub pasangannya. Berikut daftarnya.

  1. Jawa Timur: Emil Dardak, ketua DPD Demokrat yang juga mantan Bupati Trenggalek dan wakil gubernur dari Khofifah Indar Parawansa.
  2. Jawa Tengah: Rinto Subekti, ketua DPD Demokrat dan anggota DPR dua periode.
  3. Jawa Barat: ada tiga nama yaitu Anton Soeratto (ketua DPD demokrat dan anggota DPR tiga periode),
  4. Herman Khaeron (kepala BPOKK yang juga anggota DPR empat periode), dan Cellica Nurrachadiana (bupati Karawang dua periode, sekaligus anggota DPR terpilih 2024 dan mantan anggota DPRD Provinsi)
  5. Banten: ada tiga nama yaitu Iti Jayabaya (ketua DPD Demokrat, mantan anggota DPR dan bupati Lebak dua periode), Rizki Natakusumah (anggota DPR dua periode, putra bupati Pandeglang), dan Arief R. Wismansyah (wali kota Tangerang dua periode). Lampung: Edy Irawan Arief, akademisi senior sekaligus ketua DPD Demokrat yang juga mantan anggota DPRD Provinsi.
  6. Sumatra Selatan: ada dua nama yaitu Cik Ujang (ketua DPD Demokrat dan bupati Lahat) dan Harnojoyo (mantan ketua DPC Demokrat serta wali kota Palembang dua periode).
  7. Jambi: Mashuri, ketua DPD Demokrat yang juga bupati Bungo.
  8. Aceh: Muslim, ketua DPD Demokrat yang juga anggota DPR tiga periode.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Demokrat Siapkan 20 Kader Maju di Pilkada 2024, Ada Emil Dardak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya