Tutup Iklan
Demokrat Resmi Rekomendasikan Yuni-Suroto di Pilkada Sragen
Untung Yuni Sukowati memegang map putih berlogo Partai Demokrat yang berisi rekomendasi dari Ketua Umum AHY (tengah) di Kantor DPP Partai Demokrat Jakarta, Senin (22/6/2020) sore. (Istimewa/Budiono Rahmadi)

Solopos.com, SRAGEN —Tiga partai politik (parpol) termasuk Partai Demokrat secara resmi mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Suroto (Yuni-Suroto) menghadapi Pilkada Sragen 2020.

Setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), giliran Partai Demokrat lewat Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan rekomendasi langsung kepada Yuni-Suroto di Jakarta, Senin (22/6/2020) sore, untuk maju Pilkada Sragen.

Pandemi Covid-19 Bikin Gaji Ke-13 Pegawai Pemkot Solo Tak Jelas Kapan Cair

Yuni yang juga Bupati Sragen merasa rekomendasi yang diserahkan secara pribadi oleh AHY kepadanya dan Suroto merupakan kado luar biasa di hari kelahiran (ultah) ke-46 Yuni.

“Alhamdulillah, saya dan Pak Suroto, kemarin [Senin], mengambil rekomendasi dari Partai Demokrat yang secara pribadi diserahkan Ketua Umum Mas AHY didampingi Ketua DPD Jateng Mas Rinto Subekti,” ujar Yuni saat ditemui wartawan di Tanon, Selasa (23/6/2020).

"Pesannya, semangat dan didoakan semoga berhasil membangun daerah. Masing-masing saling membantu," tambah dia.

Dengan demikian ada tiga partai yang mengusung dan memberi rekomendasi, yakni PDIP, PKB, dan Demokrat

Yuni tidak ingin jemawa dengan rekomendasi yang diterimanya. Yuni hanya ingin mencari teman sebanyak-banyaknya karena semakin banyak teman maka yang berat menjadi ringan.

1.168 RTLH Sukoharjo Direhab Tahun Ini Pakai Dana Keroyokan

Dia mengatakan konsolidasi secara kepartaian belum dilakukan karena di Jawa Tengah baru delapan daerah yang rekomendasi dari PDIP yang turun. Sisanya, ujar dia, akan diberikan pada Juli mendatang.

“Setelah rekomendasi PDIP diberikan semua baru nanti ada deklarasi. Setelah deklarasi itu konsolidasi dilakukan. Sebenarnya secara non formal sudah konsolidasi tetapi tim sukses belum terbentuk,” katanya.

Calon Diwawancara

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi, mengatakan rekomendasi itu turun karena diusulkan dari bawah, yakni dari tingkat DPC, ke DPD, dan diteruskan ke DPP.

Turunnya rekomendasi Partai Demokrat itu, terang dia, sudah dijadwalkan mulai Minggu-Rabu (21-24/6/2020). Yakni untuk wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

“Setiap pasangan calon sempat diwawancara juga. Ketika ada kesamaan visi misi maka rekomendasi turun. Termasuk Mbak Yuni dan Pak Suroto juga diwawancara sebelum rekomendasi turun ,” jelas Budi.

PPDB TK, SD, SMP di Karanganyar Diperpanjang Hingga Sabtu

Kesamaan visi misinya, ungkap Budi, di antaranya pengentasan kemiskinan mengingat Sragen masih zona merah kemiskinan di Jawa Tengah.

Selain iyu, percepatan peningkatan perekonomian daerah, pemberdayaan ekonomi, dan infrastruktur untuk mendukung zona industri

Setelah rekomendasi turun, Budi berencana merapatkan barisan di internal Demokrat dengan menggelar konsolidasi bersama DPC dan PAC sampai ke tingkat Ranting.

Dia menyatakan sebagai pengusung Yuni-Suroto siap menjalan tugas dari motor penggeraknya di PDIP.(Tri Rahayu)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho