SOLOPOS.COM - Komandan Satuan Bersama (Kogasma) Partai Demokrat untuk Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui wartawan seusai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/3/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Puspa Perwitasari)

Solopos.com, JAKARTA -- Partai Demokrat memang belum resmi bergabung dengan koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Namun Demokrat sudah blak-blakan soal siapa sosok yang bakal disodorkan apabila mereka diajak bergabung sekaligus diberi tempat mengisi salah satu kursi menteri di kabinet pemerintahan Jokowi - Maruf Amin.

Melalui Waketum Partai Demokrat, Syarief Hasan berujar bahwa sosok yang langsung ditunjuk menerima jika ada mandat tersebut yakni putra sulung Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengenai posisi apa yang sekiranya cocok untuk AHY, Partai Demokrat menyerahkan semuanya kepada Jokowi selaku pemegang hak prerogatif.

“Pos mana pun itu terserah Presiden terpilih. [kalau] Orangnya ya yang jelas kalau di Demokrat pasti pertama kali ya AHY-lah ya,” kata Syarief di Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2019) malam, dilansir Suara.com

Kendati sudah menyiapkan AHY menjadi menteri, namun hingga kini belum ada kepastian terkait apakah bergabung atau tidaknya Partai Demokrat ke pemerintah. Baca juga: Senior Demokrat Anggap SBY Hanya Pikirkan AHY Jadi Menteri Jokowi.

“Saya pikir, kalau Partai Demokrat semuanya diserahkan kepada Presiden terpilih. Karena ini kan hak prerogatifnya presiden,” tandas Syarief.

Untuk diketahui, AHY saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat. Pada Kamis (10/10/2019), SBY menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan itu banyak hal yang dibahas keduanya, salah satunya soal politik dan peluang Demokrat gabung ke koalisi pemerintahan.

Baca juga: Demokrat Siap Gabung Koalisi Jokowi, Mulai Kebelet?.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya