Demo Rusuh Papua, Sekda Terluka, 6 Warga Tertembak Polisi

Sebanyak enam warga mengalami luka tembak dari aparat Polri dan dirawat di rumah sakit.

 Sekda Sarmi Elias Bakay jadi korban anarkis pendemo yang melakukan pemalangan menuntut ganti rugi Jembatan Tor Atas, Jumat (27/5/2022). ANTARA/HO/Dokumen pribadi

SOLOPOS.COM - Sekda Sarmi Elias Bakay jadi korban anarkis pendemo yang melakukan pemalangan menuntut ganti rugi Jembatan Tor Atas, Jumat (27/5/2022). ANTARA/HO/Dokumen pribadi

Solopos.com, JAYAPURA – Unjuk rasa sekelompok warga di Jembatan Tor Atas, Jayapura berlangsung anarkis membuat petugas Polres Sarmi melakukan penembakan.

Sebanyak enam warga mengalami luka tembak dari aparat Polri dan dirawat di rumah sakit.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Dari laporan yang diterima Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius Fakhiri menyatakan, pendemo yang bertindak anarkis itu awalnya menyerang Sekretaris Daerah (Sekda) Sarmi, Elias Bakay hingga yang bersangkutan terluka di bagian kepala.

“Akibat aksi anarkis itu, petugas melepaskan tembakan peringatan ke pendemo yang menuntut ganti rugi pembayaran hak ulayat Jembatan Tor Atas. Mereka terus menyerang dengan menggunakan senjata tajam dan senjata tradisional, seperti panah, yang menyebabkan tiga anggota terluka,” jelas Irjen Pol. Fakhiri seperti dikutip Solopos.com dari Antara di Jayapura, Jumat (27/5/2022) malam.

Baca Juga: Unjuk Rasa Anti Otonomi Papua Dibubarkan, 7 Pendemo Ditangkap

Dijelaskan Kapolda, enam orang pendemo yang mengalami luka tembak yakni Rio Weiraso, Tandius Saroni, Izak Anabe, Leo Weraso, Dedeus Sarone, dan Esra Mamawiso.

Insiden yang terjadi Jumat sekitar pukul 17.00 WIT itu berawal saat anggota Polres Sarmi berupaya membubarkan aksi pemalangan jembatan yang dilakukan sekitar 100 warga masyarakat gabungan dari Tor Atas, Apawer, serta Mafen Tor, yang menuntut pembayaran hak ulayat Jembatan Tor Atas.

Baca Juga: Ini Alasan Polrestabes Semarang Bubarkan Demo Otsus Papua

Pemalangan yang dilakukan sejak pukul 15.00 WIT itu menyebabkan lalu lintas dari dan ke Sarmi tidak bisa dilintasi.

Sekitar pukul 17.00 WIT, Sekda Sarmi Elias Bakay bersama personel Polres Sarmi yang dipimpin Kabag Ops AKP Josua Abba mendatangi TKP serta mengadakan pertemuan dengan massa yang melakukan pemalangan, tapi tidak menemui titik terang terkait dengan pembayaran.

Karena tidak puas dengan hasil pertemuan tersebut, massa kemudian menganiaya Sekda Sarmi, yang berupaya mengamankan diri tetapi tetap dikejar.

Baca Juga: Tri Susanti Tersangka Provokasi Demo di Asrama Papua, Gerindra Ogah Dikaitkan

Fakhiri menjelaskan, aksi massa sempat dihentikan petugas dengan memblokade jalan tetapi aksi mereka makin anarkis dan menyerang anggota dengan menggunakan tombak dan panah.

Menghadapi situasi tersebut petugas mengeluarkan tembakan peringatan.

“Saat ini pendemo masih bertahan di Kampung Mafentor dan memblokade jalan,” ungkap Kapolda.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

+ PLUS Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Berita Terkini

Iduladha, Arab Saudi Tetapkan 9 Juli 2022, Indonesia 10 Juli 2022

Arab Saudi juga menetapkan awal Dzulhidjah pada 30 Juni 2022, dan hari wukuf arafah pada 8 Juli 2022.

Kematian Pekerja Migran di Tahanan Imigrasi Sabah Terus Terjadi

Kasus kematian pekerja migran asal Indonesia di pusat tahanan imigrasi di Sabah, Malaysia, terus-menerus terjadi. Kondisi tidak manusiawi masih terus terjadi. Penghormatan terhadap harkat kemanusiaan buruh migran masih sering diabaikan.

Solopos Hari Ini: Misi Perdamaian Dimulai

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Mariinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022). Ini menjadi sejarah baru Indonesia membawa misi perdamaian di Eropa timur.

Metal Progresif Peraih Grammy Awards Segera Bergema di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Sejarah Hari Ini: 30 Juni 2015, Pesawat Hercules TNI AU Jatuh di Medan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 30 Juni.

Seusai dari Ukraina, Jokowi Kembali ke Polandia dan Terbang ke Rusia

Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Tilang Berbasis ETLE Baru di Tiga Provinsi, Salah Satunya Jateng

Melalui ELTE diketahui banyak pengguna jalan yang melanggar lalu lintas dan mendapatkan bukti pelanggaran (tilang).

Jangan Ditiru! Mahasiswi Diduga Bunuh Diri Lompat dari Lantai VI

Mahasiswi tersebut diduga melompat dari lantai VI.

Usai Lawatan di Ukraina, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Polandia

Setelah menyelesaikan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Rabu (29/6/2022), rombongan Presiden Jokowi langsung kembali ke Polandia.

Kamis, Yusuf Mansur Wisuda 80 Santri Program Gratis Daarul Quran

Pesantren Tahfizh Daarul Quran Takhassus adalah cabang dari Daarul Quran yang membebaskan santrinya dari kewajiban membayar alias gratis biaya pendidikan.

Yusuf Mansur Jual Rumah, Orang Dekat: Ustaz Tidak Bangkrut!

Orang dekat Yusuf Mansur, Dwi Makmun, menyayangkan informasi yang berkembang di media sosial bahwa dai kondang itu menjual aset karena bangkrut. 

Yusuf Mansur Jual Rumah untuk Tutup Utang Walisantri Daqu

Yusuf Mansur beralasan, penjualan rumah dan aset itu untuk menutup utang walisantri di Ponpes Daarul Quran yang mencapai Rp20 miliar.

Pemerintah Tetapkan Iduladha 2022 Jatuh pada 10 Juli

Sidang isbat Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 H jatuh pada 1 Juli 2022, sehingga Iduladha akan jatuh pada 10 Juli.

Tak Hanya Pertalite, Beli Elpiji 3 Kg Juga Bakal Pakai MyPertamina

PT Pertamina Patra Niaga, Rabu (29/6/2022), menyatakan bakal membatasi pembelian elpiji 3 kg lewat aplikasi MyPertamina.

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.