DEMO MEI 2015 : PWI Siap Laporkan Penghinaan Wartawan ke Polisi

DEMO MEI 2015 : PWI Siap Laporkan Penghinaan Wartawan ke Polisi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi demonstrasi mahasiswa Unissula Semarang (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Demo Mei 2015 yang dilakukan BEM Unissula Semarang dicemari perbuatan tak terpuji.

Solopos.com, SEMARANG — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah melalui Lembaga Advokasi Wartawan akan melaporkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) atas tindakan menghina profesi wartawan ke Polrestabes Semarang.

Seksi Pembelaan Wartawan PWI Jateng, Zainal Abdin Petir, mengatakan akan mengumpulkan bukti-bukti dan saksi terkait penghinaan profesi wartawan yang dilakukan BEM Unissula Semarang pada saat demonstrasi, Rabu (20/5/2015). “Saya sudah melakukan koordinasi dengan Pak Amir Macmud [Ketua PWI Jateng] untuk menempuh jalur hukum, melaporkan ke Polrestabes Semarang,” katanya kepada wartawan di Semarang, Kamis (21/5/2015).

Meski demikian, Dia mengaku masih melakukan kajian untuk menentukan pasal yang akan disangkakan, karena bisa berupa pencemaran nama baik sesuai Pasal 310 KUHP dengan pidana penjara antara sembilan bulan sampai satu tahun empat bulan. Bisa pula tindakan fitnah sesuai diatur pada Pasal 311 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

“Kami bersama teman-teman lembaga advokasi wartawan masih mengkaji pasal mana yang paling tepat,” tandas Zainal.

Berita Dobol
Seperti diberitakan Solopos.com, pada aksi demonstrasi memperingati Hari Kebangkitan Nasional di depan Kantor DPRD Jawa Tengah (Jateng), Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Rabu (20/5/2015), salah seorang pengunjuk rasa mengenakan jaket almamater Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, bernama Ari melontarkan ucapan, ”Wartawan jangan buat berita dobol [bohong].”

Zainal Petir lebih lanjut menyatakan mahasiswa hendaknya jangan asal menuduh tanpa dasar sebagaimana dilontarkan mereka bahwa wartawan itu dobol, menulis berita isinya bohong. “Tuduhan seperti itu jelas tidak mendasar dan mengarah fitnah serta pencemaran nama baik, sebab wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi UU 40/1999 Tentang Pers dan dibatasi Kode Etik,” ungkap Zainal.

Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, Isdiyanto menyesalkan tindakan pelecehan profesi jurnalis yang dilakukan mahasiswa. ”Mahasiswa sebagai kaum intelektual semestinya tidak pantas mengeluarkan penyataan yang merendahkan profesi jurnalis yang dilindungi undang-undang,” tandas dia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.

Yussa Nugraha Kian Dekat ke Laskar Sambernyawa

Manajemen Persis dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan penyerang 20 tahun tersebut.