SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Rachman/JIBI/Bisnis)

Demo Mei 2015 dilakukan sejumlah elemen masyarakat dan mahasiswa untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Solopos.com, JAKARTA — Terkait dengan aksi turun jalan sejumlah elemen masyarakat dan mahasiswa dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah berencana menyediakan tempat khusus untuk demo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Fahri, demo adalah bentuk aspirasi rakyat sehingga perlu diapresiasi dengan mewujudkan lokasi khusus untuk aksi tersebut.

“Ke depan, DPR RI akan siapkan tempat bagi mahasiswa untuk berdemo. Di tempat itu silakan melakukan unjuk rasa, unjuk pendapat,” kata Fahri Hamzah di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta,  sebagaimana dilansir Kantor Berita Antara, Rabu (20/5/2015).

“Hingga Taman Ria, kita akan buka untuk aksi demo tersebut,” kata Fahri Hamzah yang merupakan politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

“Kita undang lebih dekat ke dalam, tak bagus di luar sana berdemo, ganggu jalan, ganggu masyarakat. Jamin akan aman bila demo di dalam karena ada tempat,” ujar Fahri.

Fahri berpendapat Hari Kebangkitan Nasional merupakan salah satu momentum bangsa paling penting.

“Momentum Harkitnas ini salah satu yang paling penting. 17 tahun yang lalu, momen ini dirasakan sebagai pertanda berakhirnya rezim kekuasaan yang dikoreksi masyarakat. Jadi lahirnya peringatan 20-21 Mei yang lebih semarak. Ini momen yang harus kita syukuri. Karena kelahiran momentum ini cara kita untuk atur jejak perjalanan bangsa lebih terang,” ujar Fahri sebagaimana dilansir Detik, Rabu.

Dilansir Liputan6, Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Warsinem mengatakan massa yang mengajukan izin unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia (HI) terdiri atas mahasiswa, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan Organisasi Masyarakat (Ormas).

Sementara itu, Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI) Ahmad Khairudin Syam bersama belasan Presiden BEM dalam jumpa pers bersama di Bundaran HI, menyatakan penundaan demo mahasiswa aliansi BEMSI. Sebagaimana diutarakan Ahmad, mahasiswa aliansi BEMSI akan berdemo, Kamis (21/5/2015), besok.

“Kita mengimbau seluruh mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEMSI untuk mengikuti aksi besok. Kita undang mereka berpartisipasi,” ujar Ahmad Khairudin Syam, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya